Hallo, Beauty! Kamu pasti mengetahui salah satu penyakit pada wanita yang berhubungan dengan darah. Iya, betul, Anemia. Untuk kamu yang belum tahu, anemia merupakan kondisi di mana sel-sel darah merah (eritrosit) dan Hemoglobin (Hb) berada di bawah keadaan normal.

Hemoglobin pada wanita seharusnya berada di angka 12 hingga 15,5 gr/dl. Untuk penjelasan selanjutnya, lebih baik kita perhatikan rangkuman (23/06/2020) di bawah ini yang sudah dikumpulkan oleh HerStory mengenai Anemia pada Wanita.

Sebenarnya apa sih penyebab anemia? Anemia bisa terjadi pada beberapa wanita akibat terlalu banyak mengelurkan darah ketika menstruasi. Selain itu, efek pada mengonsumsi obat-obatan yang mengakibatkan pendarahan juga bisa menjadi penyebab anemia lalu melakukan diet namun dengan cara yang salah sehingga tubuh kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab anemia, lho!

Baca Juga: Wadaw, Ternyata Begini Urutan Pakai Skincare!

Baca Juga: Kamu Punya Kulit Gelap dan Berjerawat? Begini Cara Mengatasinya!

Kemudian, bagaimana cara kita mengetahui kita menderita anemia atau enggak? Anemia sendiri memiliki gejala-gejala seperti berikut ini, mudah merasa pusing, mual, wajah terlihat pucat dan merasa detak jantung berdetak lebih cepat meskipun sedang tidak melakukan aktifitas yang berat seperti olahraga. Kalau kamu merasakan gejala seperti ini lebih baik kamu segera memeriksakan diri ke dokter ya.

Kapan waktu yang tepat untuk kita pergi ke dokter ketika mengalami anemia? Jika kamu sudah mulai merasakan gejala-gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, maka itu waktu yang tepat untuk kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya kamu akan diberikan penanganan seperti pemeriksaan fisik dan bila dokter mengatakan ada pemeriksaan lebih lanjut maka kamu akan segera melakukan pemeriksaan darah.

Gimana cara kita mengurangi atau mencegah terjadinya anemia? Sebagai wanita, siklus menstruasi tentu enggak bisa kita hindari, oleh karen itu kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini yaitu sering meminum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari, meminum obat tambah darah ketika menstruasi dan tentu saja menjaga pola makan kita.

Wow! Ternyata anemia berbahaya juga ya kalau kita tidak menjaga kesehatan berhati-hati. Tetap jaga pola makanmu ya, Beauty agar sehat selalu!

Baca Juga: Kamu Sering Telat Haid Hingga Berbulan-Bulan? Waduh! Jangan-Jangan Kamu Terkena Amenorrhea!

Baca Juga: Lagi Enggak Haid, Tapi Muncul Bercak Cokelat di Celana Dalam? Ternyata Ini Penyebabnya!