Beauty, siapa sih yang tak ingin punya gigi putih, bersih, dan sehat? Tentu semua orang juga ingin punya gigi seperti itu. Namun, gigi pun tetap menguning walaupun kamu sering menggosok gigi. Mungkin kamu enggak menyadari kebiasaan-kebiasaan yang bikin gigi kamu kuning.

Wah, kira-kira apa saja ya kebiasaannya? Dilansir dari Prevention, Selasa (23/6/2020) salah satu dokter gigi sekaligus pendiri California Breath Clinics, Harold Katz, DDS mengatakan bahwa selain faktor genetik, gigi kuning bisa disebabkan kebiasaan sehari-hari yang mengikis enamil gigi. Aslinya, warna gigi bukanlah putih seperti iklan di TV, tapi gigi dilapisi dengan enamel yang terlihat tampak putih kebiruan dan agak tembus pandang.

Nah, maka dari itu, jika enamel terus terkikis habis, maka yang akan terlihat adalah dentin. Hal ini yang menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning. Yuk, simak penyebab gigi kuning.

Baca Juga: Risih Karena Banyak Karang Gigi? Coba Cara Ini di Rumah untuk Menghilangkannya!

Sering mengonsumsi kopi, soda, dan teh

Kopi, teh, dan minuman energi lainnya memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi dan mampu mengikis enamel gigi jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya, dikonsumsi 2 sampai 3 kali sehari secara terus menerus.

Sementara soda memiliki kandungan asam yang efeknya sama seperti kopi dan teh. Selain gigi kuning, minuman-minuman ini juga mampu membuat gigi berlubang dan mendatangkan berbagai penyakit gigi. Oleh karena itu, lebih baik jangan berlebihan untuk mengonsumsi ya.

mengonsumsi buah asam

Buah-buahan yang mengandung asam tinggi, seperti jeruk, tomat, nanas, beri, lemon, dan lainnya yang sering dijadikan jus ternyata mampu mengubah warna gigi menjadi kuning jika dikonsumsi secara berlebihan. Walaupun buah-buahan tersebut kaya akan vitamin yang bagus untuk tubuh. Maka dari itu, kamu harus meminum air putih setelah mengonsumsinya ya.

Sering menggunakan obat kumur

Keseringan menggunakan obat kumur juga mampu mengikis enamel gigi dan merusak gigi. Hal ini disebabkan karena banyak obat kumur yang beredar di pasaran memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini disebabkan karena air liur enggak bekerja secara maksimal untuk menjaga kelembapan mulut, melumpuhkan bakteri jahat, dan mencegah noda yang menempel pada enamel.

Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi untuk pemakaian obat kumur. Sebab obat kumur juga bisa menyebabkan diabetes.

Terlalu kuat menggosok gigi

Kamu juga perlu mengetahui teknik sikat gigi yang bagus dan benar, jadi enggak sekadar sering menggosok gigi saja. Kalau kamu terlalu keras dan cepat, itu mampu memberikan tekananan yang merusak lapisan enamel gigi, sehingga gigi menjadi kuning.

Lebih baik bersihkan gigi secara rutin, dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur. Selain itu, menggosoklah dengan perlahan dan pelan-pelan.