Menu

Jangan Kelamaan Moms! Biar Gak Jadi Racun, Segini Durasi Maksimal untuk Simpan Makanan Dalam Kulkas

06 Januari 2022 09:35 WIB
Jangan Kelamaan Moms! Biar Gak Jadi Racun, Segini Durasi Maksimal untuk Simpan Makanan Dalam Kulkas

Buah dan sayuran dalam kulkas (cheatsheet.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebenarnya, menurut Kementrian Pertanian Amerika Serikat, makanan yang dibekukan atau yang biasa disebut frozen food itu selalu aman untuk dimakan kapan saja dan tak ada batas waktu.

Namun, kemungkinan kamu tak bisa membekukannya secara benar, sehingga sisa makanan mau tak mau hanya disimpan di kulkas secara langsung.

Faktor-faktor seperti jenis makanan, persiapan, dan tempat penyimpanan memengaruhi berapa lama sisa makanan bisa dikonsumsi.

Menurut Live Strong, sisa makanan umumnya dapat bertahan selama tiga hingga 4 hari di lemari es. Selebihnya, risiko keracunan akan meningkat.

Berikut daftar jenis makanan dan berapa lama masa penyimpanannya.

1. Buah-buahan dan sayuran

Buah-buahan dan sayuran harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan pada suhu 4 derajat Celcius atau di bawahnya, sesuai pedoman Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Kentang yang dimasak dan sayuran lainnya dapat disimpan dengan aman di lemari es selama 3 hingga 4 hari.

Beberapa buah dapat mengeluarkan gas etilen yang dapat membuat produk lain rusak lebih cepat, salah satunya apel. Sehingga simpan apel berjauhan dengan produk lain.

2. Susu dan telur

Telur mentah dapat disimpan dengan aman selama 3 hingga 5 minggu sejak ditempatkan di lemari es. Sementara telur rebus dapat disimpan selama seminggu.

Produk turunan susu bervariasi dalam berapa lama mereka bertahan dan itu tergantung jenisnya. Yogurt dapat disimpan selama 1 sampai 2 minggu. keju lunak dapat disimpan hingga satu minggu, keju keras dapat disimpan selama 3 hingga 4 minggu, serta susu bisa disimpan hingga satu minggu.

3. Daging merah dan unggas

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.