Menu

Prokes Jangan Kendor! Prancis Deteksi Varian Corona Baru, 12 Orang Terinfeksi!

06 Januari 2022 10:36 WIB
Prokes Jangan Kendor!  Prancis Deteksi Varian Corona Baru, 12 Orang Terinfeksi!

ilustrasi covid-19 (Pexels/Edward Jenner)

HerStory, Bogor —

Di tengah ketakutan yang berkepanjangan akan gelombang ketiga virus Corona karena meningkatnya kasus varian Omicron, jenis baru Covid-19 telah terdeteksi di Prancis.

Peneliti Prancis pada hari Selasa lalu melaporkan varian Covid baru, mungkin berasal dari Kamerun. Untuk sementara, para peneliti pun menamakan varian baru Covid-19 itu 'IHU'.

Varian baru dari garis keturunan bernama B.1.640.2 diyakini telah menginfeksi 12 orang di negara itu, menurut studi peer-review yang didukung oleh Pemerintah Prancis. Dan varian ini memiliki 46 mutasi dan 37 penghapusan.

“Untuk dua belas pasien positif SARS-CoV yang tinggal di wilayah geografis yang sama di tenggara Prancis, pengujian qPCR yang menyaring mutasi terkait varian menunjukkan kombinasi atipikal,” kata Philippe Colson, dari IHU Mediterranee Infection, Marseille, Prancis, dikutip dari Times of India, Kamis (6/1/2022).

“Namun, "terlalu dini untuk berspekulasi tentang fitur virologi, epidemiologi, atau klinis dari varian IHU ini berdasarkan 12 kasus ini," sambung Colson.

Menurut penelitian, kasus indeks (pasien pertama) adalah orang dewasa yang divaksinasi yang telah kembali ke Prancis dari perjalanan ke Kamerun, di Afrika tengah.

Tiga hari setelah kembali, dia mengalami gejala pernapasan ringan. Sampel nasofaringnya dikumpulkan pada pertengahan November 2021 lalu, kata Colson, ditemukan abhwa kombinasi atipikal yang tidak sesuai dengan pola varian Delta yang terlibat dalam hampir semua infeksi SARS-CoV-2 pada waktu itu, dan kemudian ke Omicron juga.