Menu

Bikin Bangga Indonesia, Ini Sosok Pilot Garuda Wanita dari Tanah Papua

Clara Aprilia
30 Januari 2020 16:21 WIB
Bikin Bangga Indonesia, Ini Sosok Pilot Garuda Wanita dari Tanah Papua

Vanda Astri Korisano, pilot wanita asal Papua. (Istimewa/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Hadir lagi satu sosok membanggakan dari tanah Papua, Vanda Astri Korisano. Ia merupakan pilot wanita yang berdomisili di Abepura, Jayapura, Papua Barat.

Pilot merupakan salah satu profesi yang menantang, kan Beauty? Tapi, Vanda enggak gentar untuk meraih cita-cita sedari kecilnya itu. Keinginannya menjadi pilot berawal dari kegemarannya mengunjungi bandara saat SMA lalu.

Cita-cita Vanda mendapat dukungan penuh dari Ayahnya. Itulah salah satu dorongan yang menjadikannya berhasil seperti saat ini.

Setelah lulus SMA, Vanda mendapatkan beasiswa dari dana Otonomi Khusus (Otsus) pemerintah propinsi Papua yang menempuh pendidikan di Nelson Aviation College, Selandia Baru. Pendidikan tersebut ia tempuh selama kurang lebih 3 tahun.

Baca Juga: Inspiratif! Novia Nur Ismi Tetap Tampil Pede Meski Jerawat Penuhi Wajahnya

Ketika menempuh pendidikan di Selandia Baru, ia juga pernah turut serta dalam kontes bahasa asing pada 2015, dan menyabet peringkat pertama untuk kategori “Non-Native Speaker”.

Setelah menyelesaikan pendidikan diplomanya di Selandia Baru pada Januari 2018, Vanda kemudian juga melanjutkan pendidikannya di Sekolah Penerbangan Ganesha, Jakarta. Hal ini dilakukan agar Vanda juga mendapatkan lisensi sesuai dengan yang diterapkan Direktorat Jendral Penerbangan Sipil Kementrian Perhubungan, yakni DGCA License.

Lambat laun, perjuangan Vanda terbayarkan. Pada Juni 2019, ia resmi menjadi pilot maskapai terbesar di Indonesia, Garuda Indonesia.