Eyeliner menjadi salah satu riasan wajah yang tampaknya jarang dilewatkan untuk menggunakannya. Dengan mengaplikasikan eyeliner, tampilan riasan wajah menjadi lebih dramatis, bukan? Enggak cuma itu, eyeliner juga mampu mempertegas garis mata dan membuat tampilan mata menjadi lebih besar atau kecil.

Tapi sayangnya, tanpa kamu sadari rupanya banyak kesalahan yang dilakukan saat memoles tinta eyeliner pada bagian kelopak mata. Hal inilah yang justru membuat tampilan kurang maksimal.

Penasaran dengan kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat mengenakan eyeliner? Melansir dari The List, Rabu (24/6/2020), berikut lima di antaranya:

Baca Juga: Enggak Pakai Ribet, Ini 5 Langkah Mudah Bersihkan Kuas Makeup yang Bisa Kamu Tiru, Catat Baik-Baik Ya!

Baca Juga: Wah, Ternyata Toner Bisa Dipakai Buat Semua Ini!

Melihat langsung ke cermin

Beauty, tanpa kamu sadari saat menggunakan eyeliner dan langsung melihat ke cermin, justru membuat eyeliner enggak merata lho. Penata rias Surrat Beauty menganjurkan, untuk melihat ke arah bawah saat mengaplikasikan eyeliner di kelopak mata. Pastikan pula untuk mengaplikasikan eyeliner di jalurnya, di atas bulu mata.

Menarik kulit

Kesalahan lain yang bisa membuat tampilan eyeliner menjadi enggak maksimal ialah menarik kulit di bagian mata. Enggak cuma itu, rupanya menarik kulit tips di area mata akan membuat mata terlihat lebih kendur lho. Penata rias Tina Young mengatakan, sebaiknya mengangkat kepala sedikit saat memakai eyeliner dan melihat ke arah bawah cermin.

Pensil mata cukup tajam

Mungkin Beauty sering menemui atau bahkan memakai eyeliner dalam bentuk pensil. Biasanya, kamu akan meraut pensil tersebut sedikit lebih tajam agarrbisa mengaplikasikannya dengan mudah dan tentu hasilnya lebih maksimal.

Beauty, satu hal yang perlu kamu ingat, jangan terlalu meraut pensil eyeliner cukup tajam ya. Hal ini justru bisa mengiritasi bagian kulit mata, asah pensil eyeliner sesuai kebutuhan ya.

Baca Juga: Wadaw, Ternyata Begini Urutan Pakai Skincare!

Baca Juga: WOW! 3 Gerakan Pranayama Ini Bisa Bikin Kulit Glowing Lho, Catat Baik-Baik Ya!

Terlalu banyak menggunakan eyeliner di kelopak mata bawah

Menjadi hal wajar kalau kamu ingin tampil dengan riasan mata yang sempurna. Enggak cuma mengaplikasikan eyeliner di bagian atas kelopak mata, mungkin banyak pula di antara kamu yang mengenakannya di bagian bawah dengan dalih agar terlihat seimbang.

Hal ini boleh saja dilakukan, tapi jangan terlalu banyak mengenakan tinta eyeliner di kelopak mata bawah. Hal ini justru akan membuat tampilan matamu lebih kecil.

Untuk tampilan riasan lebih maksimal, kamu hanya cukup memoles tinta eyeliner di kelopak mata bagian atas dan sedikit pulasan pendek di bagian bawah.

Salah pilih jenis eyeliner

Bagian tersulit dari segala jenis riasan adalah memilih yang cocok untuk kamu gunakan, bukan? Umumnya, eyeliner dalam berbagai bentuknya enggak ada bedanya. Tapi sayang, banyak pula jenis eyeliner yang ketika digunakan justru cepat kering, mengikis, atau bahkan akan luntur bila terkena keringat.

Para pakar kecantikan menyarankan kamu untuk memilih eyeliner dengan kandungan waterproof agar tahan seharian dan enggak mudah luntur.

Semoga bermanfaat!