Diabetes merupakan penyakit yang sering banget ditemukan pada kalangan masyarakat. Untuk informasi, Diabetes merupakan penyakit tingginya gula darah atau glukosa. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun, bila enggak dijaga sejak dini, Diabetes ini bisa berubah menjadi penyakit yang membahayakan atau kronis. 

Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang, seperti mengurangi makanan manis dan lainnya. Hati-hati lho, jika dibiarkan begitu saja penyakit ini bisa mempengaruhi ke organ lain dan menyebabkan komplikasi. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020) yuk kenali ciri-ciri awal kamu terkena diabetes.

Mata jadi buram

Penglihatan buram bisa jadi tanda kamu terkena diabetes lho. Biasanya ada cairan menumpuk pada mata seiring meningkatnya gula darah.

Baca Juga: Penderita Diabetes Mari Merapat! Konsumsi Jambu Biji untuk Sarapan Bisa Kontrol Gula Darah Lho

Baca Juga: Sarapan Bisa Kontrol Gula Darah, Penderita Diabetes Mari Merapat!

Namun, jika kamu menjaga gula darah kamu agar tetap stabil, cairan ini enggak akan mengganggu kesehatan mata kamu. 

Nafas bau terus-menerus

Orang yang mengidap diabetes biasanya sering membuang ludah. Walaupun kerap membuang ludah, bakteri yang menyebabkan mulut bau tetap menempel di mulut dan menjadikan nafas kamu bau.

Selain itu juga penderita diabetes kerap mengalami ketosis atau penguraian energi lemak dan menyebabkan mulut menjadi bau.

Sering haus dan tingkat buang airnya tinggi

orang yang menderita diabetes biasanya tingkat buang air kecilnya sangat tinggi. sebab urin yang dibuang mengandung gula darah sehingga itensitas pembuangannya tinggi. Hal ini juga menyebabkan tubuh gampang banget kekurangan cairan karena banyak air yang keluar alias dehidrasi.

Baca Juga: Penelitian: Virus Corona Bisa Memicu Penyakit Diabetes

Baca Juga: Katanya 4 Kebiasaan Ini Mampu Cegah Diabetes, Ingin Coba?

Turunnya berat badan secara tak normal

Turunnya berat badan secara drastis juga termasuk ciri-ciri orang terkena diabetes. Sebab, gula darah yang menjulang tinggi enggak akan bisa diubah menjadi energi karena insulin rusak.

Oleh karena itu, lemak pada tubuh kamu sering digantikan sebagai pengganti energi. Itu sebabnya penderita diabetes mengalami penurunan berat abdan karena lemak pada tubuh digunakan untuk metabolisme

Luka tak kunjung sembuh

Misalnya, kamu habis terkena sesuatu yang menyebabkan luka pada tubuh. Namun, setelah berminggu-minggu luka yang kamu alami tak kunjung sembuh dan masih basah seperti awal kamu terkena luka itu.

Bisajadi itu tanda-tanda kamu terkena diabetes. Sebab diabetes itu melemahkan sistem imun yang menyebabkan tubuh jadi susah untuk mengalami proses penyembuhan.