Virus corona masih mengintai kesehatan manusia. aktivitas di tempat umum perlahan-lahan mulai kembali dilakukan. Memasuki masa New Normal, Car Free Day (CFD) atau Pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pun mulai kembali diadakan pada Minggu (21/6/2020) lalu di Thamrin-Sudirman.

Tanpa disangka, masyarakat pun berbondong-bondong datang untuk menikmati CFD pertama sejak adanya pandemi virus corona. Hal itu pun menuai kritikan karena banyak masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan di masa New Normal.

Oleh sebab itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan bahwa pekan ini CFD kembali ditutup demi mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Antisipasi Adanya Kerumunan, Pemprov DKI Alihkan CFD ke 32 Lokasi! Mana Saja Ya?

"HBKB/CFD di kawasan Sudirman-Thamrin tanggal 28 Juni 2020 ditiadakan sementara sampai waktu yang akan ditentukan kembali," tulis keterangan dari Dishub.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa kegiatan CFD pekan lalu diadakan sebagai sarana masyarakat untuk kembali olahraga. Namun, terjadi lonjakan pengunjung meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menerapkan sistem PSBB. Oleh sebab itu, kegiatan CFD pun kembali dievaluasi.

"Kita evaluasi, karena dari awal kita berencana menyelamatkan warga. Dan mereka yang mau berolahraga, bersepeda kita kasih fasilitasnya, tapi ternyata jumlah melampaui yang diprediksi," kata  Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, Senin (22/6).