Yang dimaksud dengan makanan yang mengandung Estrogen itu adalah fitoestrogen yang merupakan senyawa di dalam tumbuhan yang mempunyai struktur kimia yang hampir mirip dengan hormon estrogen dan memiliki fungsi serta manfaat yang sama juga. Selain itu, senyawa ini juga menempel pada sel-sel tubuh, jadi dipercaya bisa memengaruhi kinerja dari hormon estrogen ini.

Senyawa ini pun dipercaya memiliki manfaat kesehatan, mulai dari mengendalikan kadar kolestrol, meredakan gejala menopause hingga menurunkan terjadinya osteoporosis dan kanker payudara. Nah, berikut ini rangkuman (24/06/2020) HerStory mengenai makanan-makanan yang memiliki kandungan fitoetrogen di dalamnya!

Kacang Kedelai

Kacang kedelai sangat kaya dengan fitoestrogen yang biasa disebut dengan isoflavon. Kandungan ini dipercaya memiliki efek yang hampir sama dengan hormon estrogen bahkan hingga cara kerjanya pun hampir mirip. Isoflavon juga memiliki dua efek terhadap estrogen pada darah yaitu meningkatkan atau menurunkan.

Baca Juga: Enggak Ingin Melakukan Olahraga yang Berat namun Ingin Tetap Sehat? Cobain deh Meditasi Berjalan yang Ternyata Banyak Manfaat!

Baca Juga: Kamu Suka Minum Teh? Sini Merapat, Karena Ternyata Menurut Ilmuwan Teh Memiliki Banyak Manfaatnya!

Dalam sebuah jurnal Cancer, mengatakan bahwa kandungan isoflavon ini membuat penurunan terhadap kadar estrogen mereka yang tentunya membuat resiko kanker payudara juga menurun.

Biji Wijen

Selain digunakan untuk penyedap makanan, biji wijen ternyata memiliki kandungan fitoestrogen lho! Dan kandungan ini dipercaya bisa memengaruhi level hormon estrogen pada wanita yang sudah melewati masa menopause. Menurut riset dari the Journal of Nutrient, untuk wanita yang mengonsumsi 50 gram biji wijen selama lima minggu secara rutin akan mengalami peningkatan hormon estrogen. Selain itu, hal ini juga bisa mengendalikan kadar kolestrolmu.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan dasar paling utama untuk memasak. Selain untuk bahan masakkan, ternyata bawang putih memiliki kandungan yang bisa meningkatkan level estrogen pada wanita. Meskipun riset yang dilakukan masih dicoba kepada hewan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tapi setidaknya bisa kamu coba di rumah Beauty!

Buah persik

Buah persik memiliki kandungan mineral dan vitamin selain itu dia juga memiliki kandungan lignan yang merupakan salah satu kandungan dari fitoestrogen. Kalau kamu rutin mengonsumsi buah persik maka buah ini mampu menurunkan resiko kanker payudara hingga sebesar 15% pada wanita yang sudah melewati masa menopause. Untuk penelitian mengenai hal ini masih dibutuhkan untuk kejelasan lebih lanjut lagi.

Baca Juga: Kamu Ingin Cepat Hamil? Ternyata Kamu Harus Berhenti Menggunakan 5 Produk Ini Lho!

Baca Juga: Overthinking Buang Waktu, Ini Cara Berhenti Yang Ampuh!

Flax Seeds

Flax seeds merupakan buah kecil berwarna cokelat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita. Selain itu, dia juga memiliki kandungan estrogen yang sama dengan buah persik yaitu lignan. Bahkan, buah ini memiliki lignan sebanyak 800 kali dibandingkan dengan buah-buah yang lainnya, oleh karena itu, buah ini memiliki manfaat yang sama dengan buah persik yaitu mengurangi resiko terjadinya kanker payudara pada wanita yang sudah melewati masa menopause.

Brokoli

Sayuran ini merupakan sayuran yang paling dihindari oleh anak-anak, karena menurut mereka rasanya enggak enak. Tapi, sayur brokoli dan adiknya bunga kol memiliki secoisolariciresinol yang merupakan lignan. Sedangkan untuk saudaranya yang lain seperti kubis dan brussel sprout memiliki kandungan coumestrol yang dipercaya bisa menghambat aktivitas estrogen.

Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe memiliki kandungan isoflavon, bahkan tahu merupakan produk kacang kedelai yang memiliki banyak isoflavon. Oleh karena itu, dua makanan ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling digemari oleh banyak orang.

Kalau kamu ingin mencoba makanan di atas untuk melakukan diet estrogen akan lebih kalau kamu berkonsultasi dulu dengan dokter ya, Beauty!