Virus corona dinyatakan sebagai pandemi. Dengan begitu, kesehatan manusia pun harus dijaga sebaik mungkin untuk mencegah infeksi virus corona. Sedang musim penyakit seperti ini, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Mengapa begitu?

Antioksidan merupakan salah satu senyawa atau zat yang bermanfaat untuk menghambat proses stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang diproduksi ketika tubuh membakar makanan untuk energi dan selama berolahraga. Paparan polusi, asap rokok, dan sinar UV juga dapat memicu pembentukan radikal bebas.

Pada tingkat sel, radikal bebas mengambil elektron dari atom, mengubah fungsi sel. Proses ini menyebabkan kerusakan sel yang disebut stres oksidatif. Antioksidan berfungsi untuk mencegah terjadinya stres oksidatif, yang disebabkan dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Stres oksidatif dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit kardiovaskular, obesitas, diabetes, penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Kategori antioksidan tersedia sangat banyak, seperti vitamin, mineral, flavonoid, kurkumin, katekin, tanin, karotenoid, terpena dan alkaloid, di antara beberapa jenis antioksidan lainnya. Beberapa antioksidan yang biasa dikonsumsi adalah vitamin C dan E, beta-karoten, likopen, lutein, dan zeaxanthin.

Untuk menghindari kerusakan sel yang bisa menimbulkan penyakit, kamu bisa coba konsumsi sayuran dan buah yang kaya akan antioksidan. Tapi, kamu juga perlu tahu bahwa sebenarnya tubuh memiliki kapasitas untuk membuat antioksidan juga lho.

Tunggu apalagi, segera rutin konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung banyak antioksidan agar tubuhmu terhindar dari berbagai macam penyakit.