Mengutip dari berbagai sumber, takikardia merupakan kondisi di mana detak jantung kita melebihi 100 detak setiap menitnya. Untuk kondisi normal, biasanya jantung hanya akan berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali per menitnya. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kita sedang melakukan aktifitas berat seperti berolahraga atau menjadi respon tubuh terhadap stress, trauma dan juga penyakit.

Salah satu aktris wanita Indonesia, Jessica Iskandar dikabarkan menderita penyakit ini. Hal ini diungkapkan olehnya melalui unggahan di media sosial Youtube miliknya. Jessica mengatakan bahwa dia mengatakan kalau dia didiagnosis memiliki penyakit aritmia takikardia. Tapi apa ya penyebab dari penyakit ini?

Menurut berbagai sumber yang dirangkum (24/06/2020) oleh HerStory mengatakan bahwa penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa factor seperti anemia, hipertiroidisme, hipertensi atau hipotensi, demam, aktifitas olahraga yang terlalu berat hingga gangguan elektrolit.

Baca Juga: Intensitas Ringan atau Berat, Olahraga Apa yang Terbaik untuk Kesehatan Jantung?

Baca Juga: Detak Jantung Enggak Normal, Jessica Iskandar Didiagnosis Alami Takikardia: Semoga Aku Baik-baik Aja!

Selain karena efek medis, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh efek obat-obatan dan kebiasaan yang kita lakukan seperti salbutamol, kebiasaan merokok, konsumsi kafein, penyalahgunaan NAPZA, mengonsumsi minum beralkohol terlalu berlebihan hingga karena mengalami stress atau ketakutan yang besar.

Meskipun, pada beberapa kasus penyakit ini enggak bisa dipastikan. Karena sering terjadi penyakit ini enggak memperlihatkan gejala-gejalanya, tetapi gejala yang paling biasa diperlihatkan antara lain jantung berdebar, dada merasa nyeri, sesak nafas, merasa pusing bahkan bisa menyebabkan pingsan.

Kalau kamu merasakan gejala di atas dan enggak segera ditangani oleh dokter maka akibat yang akan ditimbulkan bisa berakibat fatal seperti gagal jantung, stroke hingga jantung berhenti bekerja. Jika, kamu sudah merasa gejala seperti di atas, maka dokter akan memberikan resep yang bisa membuat kamu mengontrol penyakit ini.

Waduh, serem juga ya, Beauty! Semoga Jessica bisa disembuhkan dari penyakit ini dan kita semua bisa sehat selalu.

Baca Juga: Wow! Memakan Makanan Pedas Ternyata juga Memiliki Manfaat Lho!

Baca Juga: Sempat Diisukan Cekcok sama Nagita Slavina, Jessica Iskandar Akhirnya Minta Maaf : Aku Menyesal!