Menu

Beruntung, Ternyata Orang Asia Lebih Lambat Mengalami Penuaan Kulit

30 Januari 2020 20:00 WIB
Beruntung, Ternyata Orang Asia Lebih Lambat Mengalami Penuaan Kulit

Tiga wanita berbeda skintone yang memiliki kulit sehat dan glowing. (pinterest/cosmopolitan)

HerStory, Jakarta —

Banyak wanita yang berlomba-lomba merawat kulit wajahnya sejak dini agar menghambat proses penuaan kulit. Padahal kulit akan secara alami akan menunjukan tanda-tanda penuaannya seiring bertambahnya usia. Penuaan kulit merupakan salah satu hal yang dialami banyak wanita diantara beragam masalah kulit lainnya.

Dalam acara Clinelle Age Revive (30/1/2020), dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS. FINS DV, FAADV mengungkapkan bahwa ternyata orang Asia cenderung lebih lambat mengalami penuaan kulit dibandingkan dengan orang barat.

"Penuaan orang Indonesia ini bedanya dengan orang kulit putih karena kulit orang Indonesia itu lebih tebal lapisan kulitnya, jadi enggak mudah kerut," ujarnya.

Baca Juga: Selain Faktor Genetik, Pigmen Kulit Bisa Mempengaruhi Penuaan Kulit!

Ia juga menambahkan bahwa gejala awal munculnya penuaan kulit bagi orang Asia itu ditandai dengan timbulnya flek hitam, kulit kusam, namun enggak berkerut.

"Kerutnya belakangan dibandingkan dengan orang kulit putih. Jadi orang kulit putih itu mungkin pada usia 25-35 itu udah mulai muncul kerut-kerut kalau orang Indonesia biasanya belum," kata Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) itu.

Orang Asia cenderung lebih lambat kulitnya mengalami penuaan, ternyata bukan tanpa alasan. dr. Abraham mengatakan hal itu merupakan faktor keturunan atau genetik.

"Faktornya karena genetik memang dilahirkan seperti itu. Makanya ada prosedur-prosedur seperti laser, pengelupasan kulit segala macam itu lebih cocok untuk orang kulit putih karena mereka memang kasus-kasur kerut lebih banyak dibandingkan orang kulit Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Kaila Luncurkan Produk Skincare dengan Konsep Drone Technology, Apa Itu?

Baca Juga: Recommended! Rangkaian Produk Anti-Aging Terbaru dari Laneige Ini Ampuh Banget Hempas Tanda Penuaan Dini, Cuss Buktikan Sendiri Beauty...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana