Hallo, Beauty! Bagian tubuh yang harus kita rawat kecantikan dan jaga kebersihannya ternyata bukan hanya di wajah saja lho! Kecantikan dan kebersihan pada kaki kita juga harus dijaga. Karena kaki juga bekerja keras seharian untuk menopang tubuh kita dan membuat pergerakan kita dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih mudah. Untuk merawatnya bukan hanya sekedar bagian luarnya saja, namun juga bagian dalamnya.

Dilihat dari aktifitas yang biasa dilakukan oleh orang, pemilihan untuk alas kaki juga harus diperhatikan dengan baik. Kalau terus dipaksakan menggunakan yang enggak sesuai maka akan mengganggu kesehatan kaki kita. Berikut ini HerStory membagikan (25/06/2020) cara menjaga kebersihan dan kecantikan kakimu!

Memilih Sepatu yang Tepat untuk Digunakan

Kalau kamu ingin membeli sepatu, coba pastikan kakimu muat masuk ke bagian terluas sepatu dan juga ukur jarak antara ruas jari kaki terpanjang dengan bagian depan sepatu tersebut. Tak hanya memperhatikan ukuran sepatu yang cocok di kaki, tetapi kamu juga harus memperhatikan penggunaan setiap sepatu untuk aktifitas kamu. Kalau kamu ingin jalan-jalan santai gunakanlah sneakers atau slip-ons begitu pula jika kamu ingin berolahraga gunakanlah sepatu yang memang didesain untuk aktifitas tersebut.

Baca Juga: Enggak Ingin Melakukan Olahraga yang Berat namun Ingin Tetap Sehat? Cobain deh Meditasi Berjalan yang Ternyata Banyak Manfaat!

Baca Juga: Kamu Suka Minum Teh? Sini Merapat, Karena Ternyata Menurut Ilmuwan Teh Memiliki Banyak Manfaatnya!

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Untuk kamu para wanita yang dituntut untuk menggunakan sepatu berhak tinggi, pastikan kamu tetap memberikan istirahat pada kakimu ya. Karena selain bisa mempercantik bentuk kakimu, terlalu sering menggunakan hak tinggi juga bisa mengubah posisi alami pergelangan kaki dan tulang-tulang di sekitarnya.

Kemudian kebiasaan menggunakan sepatu dengan hak tinggi bisa mempengaruhi kesehatan tulang belakang dan kaki. Biasanya akan membuat kamu merasa nyeri pinggul, lutut hingga ke punggung. Kalau memang kamu terpaksa harus menggunakan sepatu berhak tinggi usahakan untuk menggunakan sepatu yang memiliki hak yang lebar ya, Beauty!

Pastikan Kaki Tetap Dalam Keadaan Kering

Memastikan kaki kita selalu kering sama saja dengan memastikan kebersihan kaki dari ujung hingga ke ujung karena hal ini penting untuk menghindari masalah pada kulit kaki. Kalau kaki kamu termasuk yang mudah berkeringat lebih baik mencari sepatu atau kaos kaki yang memang mudah menyerap keringat. Begitu pula setelah mandi, pastikan kamu mengeringkan kaki kamu hingga ke sela-sela jarinya.

Tapi apabila di kaki kamu muncul kulit yang keras segera bersihkan dengan batu apung atau pelembut kaki lainnya.

Baca Juga: Tea Tree, Obat dan Masalah Baru Bagi Kulit Wajah

Baca Juga: Tampil Dengan Make Up Bold, Tasya Sayeed: Gak Mau Rugi Kita, Tuh!

Gantilah Sepatu Bila Enggak Merasa Nyaman

Biasanya untuk menyesuaikan dengan gaya berpakaian, orang-orang akan melupan kenyamanan kakinya. Bila ini dilakukan terus menerus maka akan menimbulkan nyeri dan masalah pada struktur tulang kaki kita dalam jangka waktu yang lama. Sebelum memperhatikan gaya lebih baik perhatikan kenyamanan kakimu ya!

Jaga Pola Makan untuk Kesehatan Kuku Kaki

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku kaki lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang kayak dengan vitamin B-12, C, E, zinc, dan juga biotin. Kamu bisa mendapatkan vitamin ini pada ikan, daging, telur, produk olahan susu dan tentunya sayuran.

Rutin Memotong Kuku Kaki

Jika kamu ingin memotong kuku gunakan alat yang sesuai dengan fungsinya ya! Jangan gunakan gunting untuk memotong kuku kakimu. Idealnya bentuk yang pas untuk menggunting kuku adalah bentuk kotak karena bisa mengurangi resiko kuku yang tumbuh ke arah dalam.

Perhatikan Penggunaan Kuteks

Perhatikan penggunaan kuteks pada kuku kakimu, karena jika terlalu sering maka akan mengubah warna kuku kakimu. Caranya, kamu bisa gunakan kuteks dasar atau base coat sebelum menggunakan kuteks yang berwarna lebih gelap. Kalau terjadi perubahan warna pada kuku kakimu lebih baik hentikan dulu penggunaan kuteks.

Nah, Beauty! Memperhatikan kesehatan kaki juga penting lho agar tetap bisa tampil cantik dari ujung kepala hingga kaki.