Bau mulut adalah bau yang tak sedap dikeluarkan oleh mulut. Biasanya, bau mulut ini membuat seseorang malu ketika berbicara atau ngomong. Terkadang kamu enggak merasa kalau mulut kamu itu tiba-tiba bau, padahal sebelumnya merasa biasa saja. Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai pernyebab yang mungkin enggak kamu sadari.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (25/6/2020) kira-kira apa saja ya penyebab bau mulut yang bikin kamu enggak percaya diri untuk berbicara di depan umum? Dalam bahasa ilmiah, bau mulut adalah Halitosis.

Kurang menjaga kebersihan mulut

Penyebab yang utama adalah keadaan mulut atau rongga mulut yang kurang bersih. Dilansir dari The California Breath Clinic menjelaskan bahwa ada 90 persen pasien mengalami bau mulut dari penyebab kurangnya menjaga kebersihan mulut, penyakit periodontal, lapisan pada permukaan lidah, makanan yang terkena dampak, gigi palsu yang kotor, kanker mulut, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa, Patut Dicoba Nih!!

Mengonsumsi makanan protein

Mengonsumsi susu dan sepotong roti ternyata mampu menyebabkan bau mulut yang tak sedap. Karena kandungan protein yang terkandung pada makanan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab mulut bau.

Salah satu penelitian seorang dosen Kesehatan Gigi Poltekkes Denpasar, A Arifin Senjaya menyatakan bahwa senyawa volatile sulphur compounds (VSCs) dihasilkan dari penguraian protein oleh bakteri anaerob. Hal ini yang menyebabkan protein termasuk penyebab mulut bau.

Mulut terasa kering

Fungsinya air liur adalah menjaga kesehatan gigi, mulut dan napas. Namun ketika air liur yang terdapat pada mulut ini hanya sedikit, bisa memicu penyebab bau mulut. Ketika air liur tak cukup, maka bakteri penyebab bau mulut akan bersarang dengan santai dan nyaman. 

Menderita gangguan pencernaan

Salah satu gangguan pencernaan yang bikin mulut bau adalah asam lambung atau GERD. GERD merupakan kondisi asam lambung yang naik ke tenggorokan atau kerongkongan, dan membuat lapisan tenggorokan iritasi.

Kebiasaan merokok

Salah satu hasil penelitian menjelaskan bahwa kebiasaan buruk seperti merokok mampu menyebabkan aroma mulut atau napas menjadi tak sedap.

Menurut salah satu studi lain, Hong Kong Medical Journal menjelaskan bahwa merokok adalah penyebab bau mulut yang sangat umum terjadi. Sebab, merokok mampu menurunkan jumlah produksi air liur dan bakteri di mulut menyebabkan bau tak sedap.

Nah itulah 5 penyebab yang HerStory rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat ya!