Menu

Catat Moms! Ini Sederet Tanda yang Harus Diketahui Jika Anak Sakit, Jangan Diabaikan Ya

10 Januari 2022 17:30 WIB
Catat Moms! Ini Sederet Tanda yang Harus Diketahui Jika Anak Sakit, Jangan Diabaikan Ya

ilustrasi anak sakit (freepik/peoplereations)

HerStory, Bekasi —

Pasti setiap orang tau akan merasa khawatir dan cemas jika buah hati mereka sakit. Seringkali orang tua juga merasa kebingungan mengenai kondisi anak sakit. Hal ini karena anak belum begitu mengerti mengekspresikan rasa sakit. Sedangkan tubuh anak tersebut membutuhkan perotolongan medis.

Oleh karena itu, orang tua harus mengetahui hal-hal yang menjadi tanda atau gejala anak yang sedang sakit. Biasanya kondisi anak yang sakit dapat dilihat dari perilaku yang berubah padanya. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang menjadi tanda anak yang sedang sakit.

  • Anak menjadi resah atau lesu, atau mudah tersinggung saat diganggu
  • Mudah menangis dan gak mudah dihibur
  • Kehilangan minat dalam bermain atau sangat pendiam dan tidak aktif
  • Menjadi sangat tenang dan tidak aktif
  • Enggak mau makan
  • Terasa panas untuk disentuh
  • Terlihat lelah dan memerah atau pucat
  • Mengeluh rasa kedinginan

Selain dilihat dari perilaku anak, orang tua juga mengetahui gejala-gejala yang dilami oleh anak. Gejala-gejala tersebut di antaranya:

1. Demam

Kondisi demam pada anak dapat terlihat dari wajahnya yang pucat. Selain itu suhu tubuh saat demam biasanya cukup tinggi yaitu sekitar 38 derajat celsius ke atas. Untuk mengetahui suhu tubuh yang panas ini, orang tua bisa merasakannya saat menyentuhnya.

2. Muntah

Muntah adalah reaksi yang terjadi saat adanya gangguan pada tubuh. Oleh karena itu, saat anak muntah dapat menjadi tanda bahwa anak sedang sakit. Biasanya, penyakit yang dialami saat anak muntah berhubungan dengan pencernaannya.

3. Diare

Anak yang buang air secara berlebihan juga dapat menjadi tanda. Diare pada anak harus menjadi pertanyaan, jika sudah tidak wajar usahakan untuk memghubungi dokter agar tidak semakin parah. Diare juga dapat menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, usahakan kondisi anak untuk tetap terhidrasi.

4. Nyeri pada tubuh

Nyeri pada tubuh bisa terjadi pada fisik atau organ tubuh. Jika pada fisik, biasanya anak mengeluhkan rasa sakit ketika tubuhnya dipegang. Lalu untuk nyeri pada bagian dalam tubuh dapat terlihat dari keluhan pada anak. Jika belum bisa berbicara biasanya ia akan terus menangis tanpa alasan yang jelas.

5. Munculnya ruam pada tubuh

Ruam pada tubuh dapat menjadi tanda anak mengalami penyakit menular seperti infeksi virus atau alergi terhadap makanan atau obat yang dikonsumsinya. Selain itu,  muncul ruam ini juga bisa terjadi karena sentuhan benda-benda yang membuat kulit iritasi.

Orang tua juga harus selalu waspada. Dalam beberapa kondisi yang darurat anak harus segera mendapatkan penanganan medis. Biasanya anak yang segera membutuhkan penangan medis dapat ditandai dengan beberpa gejala, antara lain:

  • Sangat mengantuk atau gak responsif atau seperti ingin pingsan
  • Memiliki tangisan bernada tinggi, lemah atau terus menerus
  • Mengalami kesulitan bernapas atau pernapasan yang tidak biasa
  • Memiliki kulit pucat, berbintik-bintik atau biru
  • Mengalami kejang
  • Memiliki fontanel menonjol (titik lunak di atas kepala mereka)
  • Memiliki ruam yang gak memudar

Baca Juga: Dear Moms, 3 Ciri-ciri Anak Masuk Angin yang Perlu Diketahui, Salah Satunya...

Baca Juga: Anti Repot dan Rewel, Ini 6 Tips Atasi Hidung Tersumbat pada Anak! Jangan Dibiarkan Ya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Cherryn Lagustya