Mata kedutan atau myokymia merupakan gejala yang terjadi akibat kontraksi otot pada mata. Hal seperti ini memang sering dialami oleh beberapa orang. Tapi kira-kira sebenarnya mata kedutan ini sehat atau enggak sih? Untuk menjawab pertanyaan kamu, yuk simak rangkuma (25/06/2020) HerStory berikut ini!

Terlalu Banyak Pikiran dan Stres

Banyak pikiran dan stress juga bisa menjadi penyebab mata berkedut, lho! Jika kamu sudah merasa jenuh dan stress lebih baik kamu istirahat dan tenangkan pikiranmu sejenak untuk mengurangi beban pikiranmu. Coba lakukan beberapa kegiatan yang menurutmu cukup untuk membuatmu merasa santai dan nyaman.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Untuk kamu yang seorang penggemar kopi dan juga teh harus berhati –hati ya karena ternyata terlalu banyak meminum minuman yang mengandung kafein juga bisa menimbulkan masalah mata berkedut. Mungkin beberapa orang yang meminum banyak kafein enggak merasakan masalah ini tapi akan lebih baik jika kamu mulai mengontrol kebiasaan kamu ini agar tubuhmu bisa sehat selalu.

Baca Juga: Simak 5 Cara Ampuh Sembuhkan Mata Minus! Manjur Gak Ya?

Baca Juga: Bahaya! Kelebihan Protein dapat Mengganggu Kesehatan, Kok Bisa Ya?

Kurangnya Waktu Istirahat

Terlalu banyak bekerja yang mengakibatkan kurangnya istirahat juga bisa menjadi asal mula mata berkedut. Lebih baik kamu luangkan beberapa saat untuk digunakan sebagai waktu istirahatmu, selain bisa mengembalikan energi pada tubuh, istirahat juga bisa mengembalikan kinerja otak agar bisa kembali fokus pada pekerjaan. Selain itu, usahakan waktu istirahatmu selama tujuh hingga delapan jam bisa terpenuhi dengan baik ya.

Bermain Gawai Terlalu Lama

Terlalu menatap layar gawai atau computer juga bisa menyebabkan mata kedutan, karena hal ini bisa membuat matamu merasa lelah dan kering. Lebih baik mulai sekarang kurangi menatap gawai terlalu lama, karena bisa menyebabkan sakit kepala dan juga sakit mata.

Alergi pada Mata

Alergi pada mata biasanya disebabkan oleh kotoran dan juga debu. Akibatnya matamu akan menjadi gatal-gatal, iritasi dan kemerahan. Selain itu, mata yang mengalami alergi juga akan merasakan intensitas mata berkedut lebih sering daripada orang lain. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menepuk-nepuk bagian matamu secara pelan menggunakan handuk hangat dan bersih selama beberapa menit.

Semoga bermanfaat ya, Beauty!

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, 3 Barang di Rumah Ini Jadi Sebab Penyakit Lho!