Meningkatnya angka pada pasien yang positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, ternyata gejalanya juga terus bertambah. Seperti yang kita ketahui, gejala umum pasien yang terpapar virus corona, yakni demam, batuk, dan juga sesak napas. Setelah itu muncul gejala baru, seperti hilangnya indera penciuman.

Seperti dilansir dari Express pada Kamis (25/06/2020), ada penambahan baru gejala pada pasien yang positif terinfeksi virus corona. Gejala seperti apa ya? Yap, Paul Gerner, profesor penyakit menular di Liverpool School of Tropical Medicine mengatakan bahwa virus corona juga bisa memengaruhi sistem pendengaran.

Menurut Paul Gerner, telinga yang berdengung adalah gejala lain dari virus corona. Ia telah merasakan efeknya selama berbulan-bulan, tapi Paul Garner enggak hanya mengalami gejala itu saja. 

Baca Juga: Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengan Pandemi! Ini Kiat Memilih Suplemen Menurut Ahli...

Baca Juga: Waduh, Tambah 1.385 Kasus Positif Corona Per 1 Juli! Ini 5 Provinsi yang Laporkan Enggak Ada Penambahan Kasus Baru...

Paul menjelaskan bahwa tekanan yang ada pada telinga itu merupakan hal yang wajar karena virus corona ini gejalanya mirip dengan flu biasa, sehingga tekanan telinga itu kemungkinan besar disebabkan oleh tabung yang tersumbat akibat virus tersebut.

Saat tabung Eustachius (mengarah antara telinga bagian dalam dan tengah) tersumbat, kamu akan merasakan tekanan di telinga. Selain itu, pendengaran juga teredam dan membuat telinga menjadi sakit.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Connor Reed, seorang penduduk kota Wuhan di Cina yang mengaku mengalami tekanan di dalam telinganya yang terasa enggak nyaman dan mengganggu pendengarannya. 

Nah, kalau kamu mengalami seperti itu dan disertai dengan gejala lain virus corona, sebaiknya kamu mengisolasi diri di rumah selama tujuh hari atau lebih sampai gejala yang kamu rasakan itu hilang.

Baca Juga: Selain Dexamethasone, Obat Ini Juga Dipercaya Bisa Turunkan Risiko Kematian Pasien Corona Lho!

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Belum Berakhir, Kini Muncul Virus Flu Babi G4! Bisa Jadi Wabah Global Lho...