Enggak bisa dipungkiri lagi kalau perselingkahan kerap terjadi dalam hubungan rumah tangga. Hadirnya 'orang ketiga' seakan menjadi boomerang yang bisa saja membuat hubungan pernikahan kandas begitu saja. Merasa kesal, marah, sakit hati, dan sedih sekaan menjadi satu menguasai emosi sat mengetahui kalau pasangan sudah enggak lagi mengindahkan janji yang pernah terucap.

Saat mengetahui pasangan enggak lagi setia, mungkin banyak di antara kamu untik mengambil beberapa tindakan untuk mengatasi hal itu. Biar enggak salah langkah dalam mengambil keputusan, ada baiknya kamu tahu 8 tips berikut untuk mengatasi pasangan yang selingkuh, seperti dikuti dari laman Muslimah DailyKamis (25/6/2020).

Menerima perasaan

Pertama, sadari kalau perselingkuhan pasti akan menimbulkan rasa sakit hati dan kecewa. Kalau pasanganmu berselingkuh, wajar aja kamu merasa marah, kesal, kecewa, syok, takut, sakit hati, bahkan kemungkinan terburuk bisa sampai depresi.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ini 5 Keistimewaan yang Dimiliki Pria Penyabar, Jangan Disia-siakan Ya!

Baca Juga: Wanita Harus Peka! 7 Hal Ini yang Sebenarnya Pria Mau Tanpa Harus Memberi Tahu Lebih Dulu

Perasaan yang muncul tersebut tentunya enggak  mudah untuk dilupakan. Butuh waktu untuk proses menyembuhkan perasaanmu sendiri. Sehingga biasanya hubunganmu enggak bisa langsung kembali normal seperti semula. Bahkan ketika kamu sudah memaafkannya sekali pun. 

Jangan menyalahkan

Beauty, cobalah untuk bersikap dewas dalam mengahadapi situasi ini. Cobalah bersikap dewasa untuk enggak menyalahkan diri sendiri, pasanganm ataupun orang lain. Karena hal ini enggak bsa mengubaj keadaan, justru hanya membuang energi dan membuatmu merasa lebih terpukul.

Cintai diri sendiri

Dalam menghadapi suatu masalah, bukan berarti kamu harus melupakan kesehatan tubuh. Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin akan kehilangan nafsu makan, makan secara berlebih, kurang tidur, kurang olahraga, hingga membuatnya enggak konsentrasi saat mengetahui pasangannya selingkuh.

Alih-alihmenyelesaikan masalah, dengan begitu justru akan menambah masalah baru. Kamu perlu memperbaiki hal tersebut, mulailah mencintai diri sendiri dengan makan makanan sehat, tidur secukupnya, olahraga, atau melakukan kegiatan kesukaanmu.

Baca Juga: Wadaw! Ternyata Gini Kalau Jadi Selingkuhan

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Kamu Hindari Setelah Jadi Korban Ghosting, Jangan Biarkan Dia Tertawa di Atas Penderitaanmu!

Jangan berpikir mau balas dendam

Sangat wajar kalau kamu merasa marah saat mengetahui suami 'main belakang'. Mungkin, terbesit dalam benakmu untuk balas dendam dengan cara berselingkuh dengan orang lain juga. Dengan begitu, kamu akan meras puas, tapi percayalah itu enggak berlangsung lama kok. Rasa puas yang kamu rasakan hanya bertahan sebentar.

Berkonsultasi

Kalau kamu merasa bingung dan terjebak saat mencari solusi, enggak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan pihak profesional. Mereka akan memberikan solusi atau pandangan yang cenderung lebih netral.

Jangan libatkan anak-anak

Ada baiknya hanya kamu dan pasangan saja yang tahu mengenai permasalahan rumah tangga. Bahkan ketika kalian enggak mampu lagi untuk melanjutkan hubungan, sekalipun.

Jangan libatkan anak-anak, karena hal tersebut dapat membuatnya merasa cemas, bingung, dan memiliki beban untuk memilih diantara ayah atau ibunya. Sungguh, hal itu pasti bukan sesuatu yang diharapkan oleh mereka.

Pikirkan hal yang lain

Memaafkan pasangan yang selingkuh memang bukanlah suatu yang mudah. Beberapa pasangan mungkin akan mengakhiri rumah tangganya. Tapi, kamu juga harus memikirkan kehidupan anak-anakmu ke depannya, di mana kalian akan tinggal, mememenuhi kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Pikirkan baik-baik

Perselingkuhan memang tantangan besar dalam kehidupan rumah tangga. Namun, kamu bisa melewati hari dari waktu ke waktu untuk memikirkan dan mendapatkan hasil terbaik tentang masa depan hubungan nantinya.

Semoga bermanfaat!