Beauty, kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan teh hijau. Teh hijau jadi salah satu jenis minuman yang digunakan sebagai bahan di produk kecantikan. Enggak hanya itu, teh hijau telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh.

Manfaat teh hijau mulai dari memperkuat daya tahan tubuh hingga memerangi radikal bebas. Tak sampai di situ, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa teh hijau dapat membantu menangkal kanker payudara lho.

Selama beberapa dekade para ahli kesehatan meyakini teh hijau terkait dengan pencegahan kanker, penelitian pun telah membuktikan hal itu. Para peneliti dari Pusat Medis Universitas Columbia dan Universitas California Los Angeles akhirnya meneliti tentang bagaimana teh hijau dapat mencegah kanker payudara.

Baca Juga: Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Bisa Cegah Wanita dari Ganasnya Kanker Payudara

Baca Juga: Wajib Tahu! Cabai Bisa Hambat Sel Kanker Payudara Lho, Ini Cara Kerjanya

Menurut peneliti, ekstrak teh hijau, Polyphenon E, menghambat pertumbuhan tumor kanker payudara. Temuan ini didasarkan pada penelitian yang sedang berlangsung terhadap 40 wanita dengan jenis kanker payudara yang tak menanggapi terapi hormon.

Penulis utama studi kanker payudara Katherine D. Crew, asisten profesor kedokteran dan epidemiologi di Columbia University Medical Center di New York, secara acak memberikan pasien Polyphenon E 400 mg, 600 mg atau 800 mg atau plasebo dua kali sehari untuk pasien selama enam bulan.

Hasilnya mengungkapkan bahwa wanita yang menerima ekstrak teh hijau menunjukkan tingkat faktor pertumbuhan tumor yang lebih rendah sejak dua bulan setelah perawatan. Katherine mengatakan bahwa memang perbedaan tersebut tidak signifikan, namun itu sudah menjadi hasil yang positif.

Katherine berharap untuk menetapkan dosis yang tepat dari ekstrak teh hijau. Ia juga mencatat tingkat penelitian setara dengan delapan hingga 24 cangkir teh hijau murni.

Baca Juga: Benarkah Wanita Berpayudara Besar Lebih Berisiko Menderita Kanker Payudara?

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Sederet Makanan Ini Mampu Cegah Kanker Payudara Lho!