Membicarakan soal vagina masih jadi salah satu pembahasan yang menyebabkan rasa canggung. Padahal itu merupakan aspek penting dari kesehatan wanita. Kamu tahu enggak sih bahwa masih banyak wanita yang kurang paham mengenai pengetahuan dasar tentang organ seks wanita?

Tahun lalu, sebuah survei terhadap 1.000 wanita di Inggris mengungkapkan hanya setengah yang bisa mengenali vagina mereka pada diagram sistem reproduksi wanita.

Ginekolog Alyssa Dweck, M.D. dan penulis 'Complete A to Z for Your V', mengatakan bahwa ada hal tabu saat berbicara soal vagina meskipun itu adalah bagian anatomi perempuan.

Baca Juga: Vagina Beraroma Seperti Bawang, Bahaya Enggak Sih? Ini Kata Ahli

Baca Juga: Hati-Hati! Bersihkan Miss V Pakai Sabun Bikin Bahaya

"Saya tidak tahu apakah itu budaya atau memiliki dampak agama saat bicara mengenai vagina, atau hanya karena iklim sosial telah menjadikan ini topik yang lebih tersembunyi dan pribadi," jelasnya.

Namun, seiring perkembangan zaman, sang ahli telah memperhatikan wanita menjadi lebih nyaman dengan pembicaraan tubuh. Semua orang ingin tahu apakah vagina mereka normal, tetapi kenyataannya, konsep itu tidak ada.

"Saya mendapatkan banyak pertanyaan mengenai vagina normal. Ada yang beranggapan bahwa vagina terlalu besar, bagaimana mereka tahu apakah semuanya normal?" ujar Alyssa.

Alyssa pun mengimbau wanita bahwa vagina setiap wanita berbeda-beda. Jangan bandingkan vagina dengan miliki orang lain. Semua bentuk vagina adalah normal. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk.

Baca Juga: Kamu Suka Pakai Tisu Toilet Usai Pipis? Amankah untuk Kesehatan Miss V?

"Jika kamu khawatir labia (bibir vagina) kamu terlalu gemuk, berkerut atau kendor, berhentilah resah! Tidak ada pola dasar dari vagina yang sempurna. Ada ratusan ribu bentuk dan ukuran yang berbeda-beda di setiap, jadi itu normal,” paparnya.