Menu

Berapa Lama Demam Berdarah Sembuh?

11 Januari 2022 20:30 WIB
Berapa Lama Demam Berdarah Sembuh?

Nyamuk Aedes Aegypti pemicu DBD (Istimewa)

HerStory, Rembang —

Jangan anggap sepele penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), lho Moms. Pasalnya, penyakit ini bisa menghilangkan nyawa jika tak segera diobati dengan benar. Namun, kalau mendapat perawatan medis yang tepat, DBD bisa disembuhkan.

Lantas, berapa jam waktu yang dibutuhkan seseorang sembuh dari penyakit demam berdarah? Apa saja penanganan yang perlu dilakukan untuk mengatasi penyakit ini?

Secara umum, pengidap demam berdarah akan melewati tiga fase sebelum akhirnya dinyatakan sembuh. Fase pada penyakit ini, yaitu fase demam, kritis, dan pemulihan. Ketiga fase tersebut merupakan waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan. 

Mengenal 3 Fase Demam Berdarah 

Berikut 3 fase demam berdarah yang perlu Moms pahami, yaitu:

1.Fase Demam 

Fase ini adalah tahap awal. Pada fase ini, orang yang terinfeksi demam berdarah akan mulai mengalami gejala demam tinggi hingga 40 derajat Celsius. Selain demam, gejala lain mungkin juga muncul, seperti mual, muntah, sakit tenggorokan, sakit kepala, muncul ruam merah, nyeri otot, tulang, dan sendi. 

Baca Juga: Benarkah Penyakit DBD Bisa Diatasi dengan Minum Jus Jambu?

Fase ini biasanya akan berlangsung selama 2–7 hari. Kondisi yang dipantau pada fase ini adalah jumlah kepingan darah alias trombosit. Sebab demam berdarah sering mengakibatkan penurunan jumlah trombosit dalam waktu singkat. 

Baca Juga: Beauty, Waspada! Flu hingga Leptospirosis, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul saat Banjir

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Golongan Darah O Rentan Terkena Penyakit DBD

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari