Apakah kamu sering merasakan sariawan di mulut? Pasti enggak nyaman banget ya, meskipun ukurannya kecil tapi bisa membuat kita menjadi susah makan, minum dan untuk berbicara pun terkadang menjadi enggak nyaman karena dia sering muncul di mulut atau di dasar gusi kita.

Penyebab munculnya sariawan bisa bermacam-macamnamun biasanya hal ini disebabkan oleh hal-hal sepele lho! Terkadang kita enggak menyadari kalau kebiasaan kita sehari-hari berikut ini bisa menimbulkan sariawan untuk diri kita sendiri. Penasaran apa saja penyebabnya? Baca rangkuman (26/06/2020) HerStory berikut ini yuk!

Enggak Sengaja Menggigit Lidah atau Pipi Bagian Dalam

Baca Juga: 6 Cara Ini Membuat Sariawan di Lidah Hilang Seketika, Simak Yuk!

Baca Juga: Sering Alami Sariawan saat Berpuasa, Kenapa Ya?

Pasti kamu pernah mengalami kejadian ini, baik ketika sedang makan atau sedang berbicara seperti biasa tak sengaja menggigit lidah atau pipi bagian dalam. Karena kejadian ini lah akhirnya bisa menimbulkan luka pada dan menghasilkan sariawan untuk beberapa waktu ke depan. Hati-hati ya kalau sedang makan atau berbicara!

Menyikat Gigi terlalu Kasar

Ketika menyikat gigi sariawan juga bisa datang tanpa sengaja. Hal ini pada umumnya disebabkan karena ketidaksengajaan kita menyikat gigi terlalu kasar sehingga membuat bekas merah dan lecet pada gusi kita yang pada akhirnya menyebabkan sariawan. Pemakaian pasta gigi dan obat kumur yang memiliki kandungan detergen atau sodium lauryl juga bisa menimbulkan sariawan lho! Coba di cek dulu pasta gigi dan obat kumur yang sedang kamu gunakan, Beauty.

Menggunakan Kawat Gigi

Baca Juga: Ingin Mengatasi Stres? Jaga Kebersihan Mulutmu!

Baca Juga: Unik! Darlie Keluarkan Pasta Gigi Kandungan Teh Melati

Menggunakan kawat gigi juga bisa menimbulkan sariawan lho meskipun kawat gigi bisa dianggap cukup aman untuk mulut kita hal ini disebabkan oleh gesekan antara kawat yang terlalu kencang dengan dinding pipi bagian dalam, lidah, gusi serta bibir. Pemasangan kawat gigi palsu yang enggak pas juga bisa menimbulkan sariawan.

Sensitif Terhadap Makanan Asam

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan makanan asam seperti jeruk, stroberi, dan nanas akan mudah mendapatkan sariawan di mulut. Selain itu, kopi dan cokelat juga bisa menjadi penyebab lainnya lho!

Kurangnya Vitamin Esensial

Biasanya kamu yang kekurangan Vitamin B12, zinc, folat dan zat besi akan mudah terkena sariawan. Vitamin B12 biasanya bisa ditemukan pada makanan laut, daging sapi dan juga ayam kemudian pada yogurt dan juga keju susu. Selain itu, kalau imunitas tubuh kamu juga kurang bagus bisa menjadi pemicu munculnya sariawan.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon pada wanita yang sedang pada masa menstruasi dan menopause juga bisa dengan mudah terjangkit sariawan. Adanya perubahan kadar progesterone pada wanita akan mempengaruhi sirkulasi darah di kulit wajahmu yang akan berefek pada masalah mulut, salah satunya adalah sariawan, radang hingga gusi berdarah.

Wah, harus sering-sering menjaga kesehatan mulut nih! Jangan lupa laporkan ke dokter apabila sariawanmu enggak kunjung sembuh ya, Beauty!