Penyebab dari kuku kuning bisa bermacam-macam. Penyebab paling umum dari masalah ini adalah kebiasaan kita menggunakan pewarna kuku dalam jangka waktu yang lama. Selain, penggunaan pewarna kuku, faktor lain yang bisa menyebabkan kuku kuning adalah kebiasaan merokok pada wanita maupun pria karena kandungan tar dan nikotin yang ada pada rokok. Namun, hal ini juga bisa terjadi karena penyakit dari dalam tubuh kita seperti hati, jantung dan paru-paru.

Penyakit ini memiliki sebutan Yellow Nail Syndrome yang merupakan keadaan medis yang membutuhkan perawatan dari profesional karena penyakit ini cukup berbahaya dan merupakan penyakit langka. Namun, tentu setiap penyakit memiliki obatnya tersendiri untuk mengatasinya. Berikut ini, HerStory sudah merangkum (26/06/2020) bahan-bahan alami yang bisa digunakan kamu untuk mengurangi kondisi kuku kuning.

Tea Tree Oil

Bahan alami dipercaya memiliki kandungan antiseptik alami. Oleh karena itu bahan ini juga dianggap mampu untuk mengatasi masalah kuku kuning yang disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun jamur. Kalau kamu ingin mencoba bahan ini kamu bisa mencampurkan bahan alami ini dengan olive oil, coconut oil atau bisa juga jojoba oil, setelah itu bisa kamu oleskan pada kuku-kuku jarimu dan diamkan selama lima menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih memuaskan kamu bisa menggunakan bahan ini sebanyak dua kali dalam satu hari selama beberapa bulan.

Baca Juga: Ternyata Penggunaan Masker Kain Hanya Bisa Digunakan Selama 4 Jam, Kalau Lebih Bisa Menimbulkan Hal-Hal Berikut Ini!

Baca Juga: Berikut Ini 3 Tips untuk Kamu Memilih Sereal yang Pas Bagi Kesehatan Tubuh!

Air Lemon

Selanjutnya adalah air lemon. Untuk mengatasi kuku kuning dengan air lemon kamu bisa memotong lemon menjadi dua bagian, kemudian peras air buah lemon dan kamu masukkan ke dalam wadah air. Kemudian, rendam kuku-kukumu di dalam air lemon tersebut selama 5 hingga 10 menit, setelah selesai kamu bisa membilasnya dengan air dan tambahkan pelembap untuk menambah perawatan kukumu. Agar puas dengan hasilnya kamu bisa melakukan hal ini setiap hari ya.

Baking Soda

Jika kamu ingin membuat obat untuk masalah kuku kuningmu dari bahan ini berarti kamu membutuhkan bahan pendukung lainnya yaitu satu sendok teh 3% hydrogen peroxide, dua setengah sendok baking soda, mangkuk dan juga kapas. Untuk membuatnya, kamu bisa campurkan hydrogen peroxide dengan baking soda, kemudian kamu tempelkan pada kuku-kukumu menggunakan kapas dan biarkan selama tiga menit. Setelah selesai kamu bisa membilasnya dengan air dan menambahkan pelembap. Untuk hasil yang optimal kamu bisa menggunakannya selama enam hingga delapan minggu secara rutin ya.

Pasta Gigi

Selain untuk membersihkan gigi kita, pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengurangi kuku kuning, kamu bisa menggunakan pasta gigi dan sikat gigi kemudian gosokkan sikat gigi yang sebelumnya sudah diberikan pasta gigi hingga terlihat perubahan warna pada kukumu. Jika sudah dirasa cukup kamu bisa membilas tanganmu dengan air dan oleskan dengan pelembap.

Cuka Apel

Untuk mengobati kuku kuning dengan cuka apel maka bahan-bahan tamahan yang kamu butuhkan antara lain setengah gelas air hangat, setengah cangkir cuka apel dan juga mangkuk. Untuk pemakaiannya, campurkan air hangat dengan cuka apel kemudian rendam jarimu ke dalam campuran itu selama 20 menit, setelah selesai kamu bisa membilasnya dengan air. Untuk hasil yang lebih baik kamu bisa mempraktekkannya sebanyak tiga kali sehari dalam tiga hingga empat minggu.

Baca Juga: Wadaw! Kebiasaan Skincare Ini Harus Berhenti Dilakuin, Beauty

Baca Juga: Wow! Gak Takut Lagi Warnain Rambut, 5 Tips Ini Harus Dicoba!

Semoga bermanfaat ya, Beauty!