Sariawan memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya untuk penderitanya, namun keberadaannya di tempat yang paling sering kita gunakan akan sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Seperti susah berbicara, menghilangkan nafsu makan dan masalah lainnya. Keberadaan sariawan pada umumnya terjadi di bagian dinding pipi bagian dalam atau di sekitar bibir kita dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti dinding pipi dalam tak sengaja tergigit, menyikat gigi dengan kasar atau penggunaan kawat gigi yang salah.

Tapi bagaimana sih cara yang ampuh untuk menyembuhkan luka pada mulut ini? Untuk menjawab pertanyaanmu, HerStory sudah merangkum (26/06/2020) beberapa jawaban dari berbagai sumber untuk menjadi referensi mu dalam mengobati masalah sariawan khusus di bagian lidah. Langsung aja yuk kita simak caranya!

Menggunakan Es Batu dan Bekas Kantung Teh Celup

Cara ini merupakan cara yang sudah cukup lama dilakukan oleh orang-orang dalam meredakan rasa perih akibat sariawan. Kamu bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan handuk kering kemudian kamu tempelkan di sekitar sariawan, meskipun hanya bisa menyembuhkan sementara tetapi lumayan untuk mengurangi rasa perih yang ditimbulkan. Jika kamu terlalu takut dengan es batu maka kamu bisa menggantinya dengan bekas kantung teh celup. Teh memiliki kandungan tanin yang bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan juga perih.

Baca Juga: Wow! Gak Takut Lagi Warnain Rambut, 5 Tips Ini Harus Dicoba!

Baca Juga: Susah Tidur? Coba 5 Tips Dari Para Ahli Ini!

Berkumur dengan Campuran Air dan Garam

Kamu bisa mencampurkan air hangat dengan satu sendok teh garam lalu kumur selama 15 sampai 30 detik. Hal ini bisa kamu lakukan selama beberapa jam sekali sesuai dengan kebutuhanmu. Garam sendiri memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa meredakan rasa sakit dan juga sebagai pembersih serta memiliki sifat menenangkan.

Mengoleskan Madu pada Sariawan

Madu yang harus kamu gunakan adalah madu yang benar-benar masih alami ya. Untuk penggunaannya kamu bisa mengoleskan madu ke sariawan di lidahmu sebanyak empat kali dalam satu hari. Madu dianggap bisa mengobati sariawan karena madu memiliki sifat yang mampu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses penyembuhan sariawanmu.

Menambah Asupan Nutrisi di Tubuhmu

Selain menyembuhkan sariawan dari luar, kamu juga bisa menyembuhkan sariawan dari dalam tubuhmu yaitu dengan menambah asupan nutrisi di tubuhmu. Kamu bisa memakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral penyembuh untuk tubuh karena sariawan bisa terjadi karena kamu kekurangan asupan zat besi dan vitamin B12. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan nutrisi tubuhmu antara lain adalah buah-buahan, sayur mayur, telur, daging sapi, daging ayam, susu dan masih banyak lagi.

Yogurt

Kandungan probiotik pada yogurt bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sariawan. Selain itu, yogurt juga memiliki bakteri baik yang apabila kita makan bisa memberikan keseimbangan pada mulut antara bakteri jahat dan baik. Karena teksturnya yang lembut dan mudah untuk dimakan, maka yogurt menjadi makanan rekomendasi untuk kamu yang sedang mengalami sariawan dilidah. Lebih baik jangan menambahkan pemanis apapun ke dalam yogurt karena akan membantu jamur untuk berkembang biak.

Baca Juga: Enggak Ingin Melakukan Olahraga yang Berat namun Ingin Tetap Sehat? Cobain deh Meditasi Berjalan yang Ternyata Banyak Manfaat!

Baca Juga: Kamu Suka Minum Teh? Sini Merapat, Karena Ternyata Menurut Ilmuwan Teh Memiliki Banyak Manfaatnya!

Selamat mencoba ya, Beauty!