Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental. Biasanya, depresi dapat dialami oleh siapa saja, bahkan di usia remaja pun banyak yang mengalami penyakit mental ini. Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya, seperti kelelahan, tekanan, trauma, dan lainnya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit federal Amerika Serikat mengatakan bahwa banyak orang di sana yang tak sadar kalau dirinya mengalami depresi.

Oleh karena itu, penting mengetahui tanda awal terkena depresi. Sebab jika depresi yang kamu alami sudah parah, gangguan kesehatan pun bisa juga terganggu. Untuk itu, hal ini enggak boleh diabaikan. Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/6/2020) kira-kira apa saja ya tanda awal terkena depresi?

Mengalami insomnia atau kesulitan tidur

Nah jika kamu mengalami insomnia atau kesulitan tidur, padahal kamu merasakan lelah akibat beraktivitas, bisajadi ini adalah gejala kamu depresi. Rasa cemas yang selalu menghantuimu membuat kamu sulit untuk tidur. Mungkin beberapa orang menganggap kalau hal ini adalah hal sepele. Padahal kalau dibiarkan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan fisik kamuĀ lho.

Suka marah-marah enggak jelas

Tanda awal yang kedua ketika seseorang suka marah-marah enggak jelas, padahal hanya hal sepele. Bagi orang yang terkena depresi, hal sepele itu dirasakan sangat memberatkan atau tekanan baginya. Kalau kamu sering alami ini, bisajadi kamu mengalami depresi.

Susah fokus dan berkonsentrasi

Dirangkum dari lamanĀ Psychology Today, seseorang yang mengalami kecemasan dan mengganggu konsentrasinya, bisajadi orang tersebut mengalami tanda awal depresi. Orang yang menderita depresi juga kerap lupa menaruh benda yang dia letakkan. Jika kamu mengalami hal ini, kamu harus waspada ya Beauty!

Selalu merasa bersalah

Orang yang selalu merasa bersalah pada suatu hal yang terjadi di hidupnya, bisajadi tanda awal depresi. Misalnya, kamu menyalahkan diri kamu atas terjadinya putus cinta, perceraian, dan lainnya.

Padahal hal tersebut bukanlah kesalahan kamu. Rasa bersalah yang terus hadir membuat kamu tertekan setiap hari, dan membuat kamu depresi berat. Untuk itu, coba menghibur diri dan memaafkan diri sendiri ya.