Kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami yang baik untuk dikonsumsi. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, rupanya kentang juga memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya disebut-sebut mampu mencegah penuaan, meningkatkan kolagen, hingga membuat kulit tampak cerah.

Masuk ke dalam jenis sayuran, kentang memiliki nama latin Solanum tuberosum. Dikutip dari laman Stylecraze, Jumat (26/6/2020), berikut empat manfaat kentang untuk kulit wajah yang perlu kamu tahu. 

Menghilangkan keriput

Beauty, siapa sih yang enggak mau tampil cantik dan terlihat selalu awet muda? Rupanya, kentang dikenal bekerja efektif memperlambat tanda penuaan, terutama keriput. Antioksodan seperti vitamin C  di dalamnya dapat menutrisi kulit wajah dan mampu menghilangkan keriput serta garis halus.

Cara menggunakannya juga gampang kok, kupas dan hancurkan kentang hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit, setelahnya bilas dengan air bersih.

Menghilangkan bintik gelap dan jerawat

Enggak cuma itu, kentang pun dipercaya ampuh menghilangkan bintik gelap pada wajah. Cukup blender kentang yang sudah di kupas hingga menjadi pasta. Kemudian, pijat lembut selama lima menit dan bilas dengan air dingin.

Kentang, rupanya juga bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya yang menempel di kulit wajah. Menggunakan kentang sebagai pembersih juga dapat membantu mneghilangkan flek hitam dan kotoran lainnya yang menempel. 

Mencerahkan kulit

Kentang disebut-sebut sebagai zat pencerah kulit alami. Kentang mengandung enzim katekolase yang membantu meringankan bintik gelap dan noda kusam pada wajah. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan kentang mentah langsung pada wajah.

Enggak cuma itu, antioksidan pada kentang juga mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas dan sinar UV matahari. Letakkan irisan kentang dingin pada wajah yang terkena sengatan matahari, kamu akan merasa lebih baik setelahnya.

Meningkatkan kolagen

Seperti yang Beauty tahu, kentang kaya akan vitamin C di dalamnya. Vitamin C ini dapat membantu dalam memproduksi kolagen. Mengonsumsi jus kentang secara teratur atau menjadikannya sebagai masker alami, akan membantumu meningkatkan kolagen dalam tubuh.

Baca Juga: Penting Menjaga Kecantikan di Usia 20an! Begini Caranya..

Masih banyak manfaat lain dari kentang untuk kecantikan kulit, sebut saja sepeti memudarkan lingkaran hitam di bawah mata dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat!