Beauty, baru-baru ini jamur enoki sedang ramai diperincangkan. Pasalnya jamur enoki dikatkan dengan wabah listeria yang terjadi di Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sudah ada empat kasus kematian dan 31 kasus rawat inap akibat wabah listeria multistat yang ada di dalam jamur enoki.

Di Amerika Serikat, wabah listeria terjadi 17 negara bagian. Dua kematian terjadi di California, dan ada satu kematian masing-masing di Hawaii dan di New Jersey. Ada juga enam kasus yang melibatkan wanita hamil yang mengakibatkan dua orang alami keguguran.

Baca Juga: Telanjur Punya Jamur Enoki di Rumah? Begini Cara Olahnya agar Aman dari Infeksi Listeria

Baca Juga: Apa Itu Infeksi Listeria?

Investigasi CDC menemukan bahwa jamur tersebut dijual oleh H&C Food Inc., Guan's Mushroom Co, dan Sun Hong Foods, Inc. Jamur enoki dipasok ke perusahaan-perusahaan ini oleh perusahaan Korea Green Co Ltd. dan dijual antara 23 November, 2016 dan 13 Desember 2019.

Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea juga telah menemukan listeria terkandung dalam jamur enoki yang diproduksi oleh dua perusahaan dari negara itu.

Ketika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria monocytogenes, mereka dapat terinfeksi penyakit yang disebut listeria atau listeriosis. Meskipun memiliki gejala yang umum, seperti demam, mual muntah, namun penyakit ini bisa mematikan jika tak ditangani secara serius.

Gejala listeriosis biasanya tidak muncul sampai sekitar satu minggu hingga empat minggu setelah seseorang mengomsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri listeria. Beberapa orang bahkan telah melaporkan gejala 70 hari setelah mereka terpapar bakteri.