Beauty, pastinya kamu udah enggak asing lagi dengan larangan 'minum jangan sambil berdiri'. Meski hal tersebut termasuk sebuah larangan, tapi enggak bisa dipungkiri lagi kalau justru itu menjadi suatu kebiasaan. Perlu Beauty tahu, selain dibilang enggak sopan, makan atau minum sambil berdiri itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan lho!

Meski air mineral memang sangat penting untuk tubuh, bukan berarti kamu harus menyampingkan posisi yang benar saat meminumnya. Mengutip dari laman lifehealth, ketika posisi berdiri kemudian minum air, maka itu akan mencapai bagian bawah kerongkongan dan merusak sfingter. Sfingter ini merupakan otot yang menghubungkan kerongkongan ke perut.

Enggak cuma itu, rupanya masih banyak bahaya lain bagi tubuh bila minum sambil berdiri. Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailyJumat (26/6/2020), berikut lima di antaranya.

Baca Juga: Ternyata Penggunaan Masker Kain Hanya Bisa Digunakan Selama 4 Jam, Kalau Lebih Bisa Menimbulkan Hal-Hal Berikut Ini!

Baca Juga: Berikut Ini 3 Tips untuk Kamu Memilih Sereal yang Pas Bagi Kesehatan Tubuh!

Menyebabkan Artritis

Ketika seseorang minum sambil berdiri maka keseimbangan cairan dalam tubuh menjadi terganggu. Aliran air dapat turun dengan cepat ke seluruh tubuh, dan dapat menumpuk di persendirian. Hal ini akan menyebabkan radang sendi.

Pencernaan jadi terganggu

Ketika minum sambil berdiri, tubuh dan otot akan berada dalam keadaan tegang dan sulit untuk menyerap cairan. Dalam keadaan ini, pencernaan juga akan ikut terganggu. Hal ini tentu enggak akan terjadi apabila seseorang minum sambil duduk, tubuh dan otot akan tetap rileks dan menyerap cairan dengan lebih baik.

Tetap haus, meski sudah minum dalam jumlah banyak

Tubuh dan otot yang menjadi tegang, akan membuatnya sulit menyerap cairan. Mau kamu minum sebanyak apa pun, akan terasa haus kalau kamu minum sambil berdiri. 

Ginjal enggak dapat menyaring air

Minum sambil berdiri memungkinkan Ginjal menjadi enggak dapat menyaring air dengan sempurna. Hal ini akan menyebabkan racun yang seharusnya tersaring menjadi menempel di Ginjal dan Kandung kemih. Kalau keadaan ini terus menerus terjadi, tubuh berisiko terkena gangguan saluran kemih.

Baca Juga: Wadaw! Kebiasaan Skincare Ini Harus Berhenti Dilakuin, Beauty

Baca Juga: Wow! Gak Takut Lagi Warnain Rambut, 5 Tips Ini Harus Dicoba!

Menyebabkan Ulser dan Hearburn

Minum sambil berdiri juga bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti ulser dan heartburn. Air akan mengalir dan menciprat pada area kerongkongan dengan cukup keras bila diminum sambil berdiri.Hal ini bisa menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik ke atas.

Enggak cuma itu,  ulser dan heartburn merupakan gejala utama dari penyakit berbahaya lainnya yaitu refluks asam lambung (GERD). Hal ini bisa terjadi saat isi lambung kembali naik ke kerongkongan atau esofagus.

Nah Beauty, itu tadi bahaya kalau kamu minum sambil berdiri. Kalau enggak mau kondisi itu terjadi, yuk mulai sekarang minum dengan keadaan sambil duduk. Kalau kamu lagi di jalan dan mau minum, menepi sebentar dan cari sangaahn untuk duduk baru minum setelahnya.

Semoga bermanfaat!