Menu

Mama Muda Jangan Khawatir! Ini 5 Cara Mengatasi Baby Blues

13 Januari 2022 09:35 WIB
Mama Muda Jangan Khawatir! Ini 5 Cara Mengatasi Baby Blues

Ilustrasi seseorang sedang menyendiri. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Memiliki anak adalah suatu karunia untuk melengkapi keluarga kecil. Momen itu tentunya sangat dinanti-nanti. Namun, hal tersebut kadang membuat beberapa ibu memiliki banyak pikiran secara tiba-tiba bahkan hingga depresi. Kondisi seperti ini sering kalu terjadi saat melahirkan anak pertama dan dinamakan baby blues syndrome.

Baby blues, merupakan kondisi gangguan suasana hati yang dialami oleh ibu setelah melahirkan. Ibu yang mengalami hal ini, biasanya sangat cepat berubah suasana harinya mulai dari sedih, lelah, mudah marah, gelisah, bahkan menangis tanpa alasan yang jelas.

Ibu yang mengalami baby blues, harus segera mendapat perawatan agar cepat pulih. Hal ini karena kondisi baby blues, akan sangat berpengaruh kepada kondisi bayi, terutama saat masih menyusui. Tingkat depresi pada ibu bisa memengaruhi kualitas ASI. Untuk itu, dilansir dari parents, berikut terdapat beberapa cara untuk mengatasi baby blues, di antaranya:

1. Pikirkan diri sendiri

Seorang ibu yang mengalami baby blues biasanya semakin depresi karena pikirannya diri sendiri. Hal tersebut yang justru membuatnya sulit untuk melepaskan diri dari baby blues. Untuk itu, salah satu cara mengatasinya cobalah pikirkan diri sendiri. Dengan hal ini akan mengatur otak ibu untuk menyayangi dirinya sendiri.

Coba juga untuk mengidentifikasi perasaan dalam diri sendiri. Pikirkan apa yang menyebabkan diri menjadi depresi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi pada diri sendiri.

Hal ini akan membuat diri menganalisis permasalahan yang ada sehingga dapat mencari jalan keluar yang harus dilakukan. Bisa juga konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran hal-hal yang harus dilakukan.

Ibu juga bisa membayangkan dirinya menjadi sahabat untuknya. Cobalah bayangkan apa yang akan dikatakan ketika teman mengalami masalah.

Biasanya hal itu akan membuat pikiran ibu diatur untuk mencoba mengatasi masalah orang lain. Dengan itu, ibu akan menemukan solusi sehingga tiak mengalami depresi berkepanjangan.

2. Tarik napas dalam-dalam

Seperti yang kita tahu, menarik napas dalam-dalam akan membuat tubuh menjadi rileks dan menenangkan pikiran. Hal ini akan membantu ibu dalam memikirkan permasalahan yang ada. Memiliki bayi bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan menarik napas dalam-dalam dan memikirkannya, akan membuat ibu menjadi lebih tenang dalam mengatasi depresi yang dialaminya.

3. Jalin hubungan sosial

Menjalin hubungan sosial dengan orang lain akan sangat membantu seorang ibu yang mengalami baby blues. Ketika menghadapinya sendiri, hal itu akan membuatnya semakin depresi karena dirinya dipenuhi pikiran-pikiran negatif.

Bertemu dengan teman atau kerabat akan sangat membantu ibu menenangkan pikiran sejenak. Ibu juga bisa minta tolong untuk merawat bayi agar tetap terurus. Selain itu, teman juga bisa membantu memberi saran, seperti bergabung dengan grup ibu-ibu lainnya. Hal itu akan menolong ibu untuk saling bertukar pikiran satu sama lain.

4. Cobalah selalu bersyukur

Baca Juga: Bunda Perlu Tahu, Ini 5 Penyebab Sindrom Baby Blues yang Sering Terjadi Pascamelahirkan

Baca Juga: Moms, Begini Lho Cara Atasi Sindrom Baby Blues!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza