Hallo, Beauty! Apakah usia kamu sudah cukup untuk mengalami siklus menstruasi namun enggak kunjung terjadi? Hal ini harus menjadi kewaspadaan kita lho! Karena bisa jadi kamu mengidap Amenorrhea atau kondisi di mana seorang wanita enggak kunjung haid. Pada umumnya yang diketahui oleh orang-orang apabila kita enggak haid dalam jangka waktu yang lama maka kita akan dinyatakan hamil, ternyata enggak. 

Amenorrhea sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu amenorrhea primer dan sekunder. Setiap jenis memiliki gejala dan tanda-tandanya sendiri. Lalu apa saja sih penyebabnya terjadinya penyakit ini? Dan bagaimana penangannya apabila kita sudah terdiagnosis dengan penyakit ini? Yuk, kita simak rangkuman (26/06/2020) berikut ini yang sudah dilansir dari berbagai sumber!

Amenorrhea Primer dan Sekunder

Biasanya Amenorrhea primer terjadi jika wanita belum mendapatkan haid hingga berusia 16 tahun. Selain itu, kelainan genetik pada seorang wanita juga bisa menjadi penyebabnya. Sedangkan untuk yang sekunder terjadi jika seorang wanita enggak mengelama siklus menstruasi hingga tiga bulan lamanya secara berturut-turut sejak waktu haid yang terakhir. Namun, biasanya amenorrhea sekunder sering terjadi pada wanita hamil atau yang sedang dalam masa menopause, tapi bukan berarti kita bisa menyepelekannya ya karena bisa saja hal ini terjadi karena gangguan kesehatan tubuh kamu.

Gejala-gejala Amenorrhea

Amenorrhea sendiri memiliki gejala yang pada tiap wanita bisa berbeda-beda tergantung pada penyebab munculnya amenorrhea itu sendiri. Berikut gejala-gejala yang ditunjukkan oleh amenorrhea:

  • Keluarnya cairan dari puting susu
  • Rambut menjadi sering rontok
  • Adanya gangguan pada penglihatan
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada panggul
  • Muncul jerawat
  • Tumbuh rambut-rambut secara berlebihan di bagian wajah kamu

Cara Mencegah Amenorrhea

Baca Juga: Merapat! Ini Olahraga yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Untuk penyebab amenorrhea karena obesitas maupun pola makan masih bisa dicegah dengan muda, berikut langka-langkah untuk mencegah amoenrrhea:

  • Konsumsilah makanan yang memiliki gizi seimbang. Seperti sayur, buah daging, susu dan makanan bergizi lainnya.
  • Jaga berat badan tetap pada kondisi yang normal. Untuk menghitung berat badan yang ideal bisa kamu lihat dari indeks massa tubuhmu. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.
  • Kelola stres dengan baik dengan teknik relasasi, selain itu kamu juga harus mengatur waktu istirahat kamu ya supaya kesehatan mental kamu bisa terus terjaga.