Baru-baru ini jamur enoki sedang hangat diperbincangkan. Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) jamur enoki menyebabkan wabah listeria di Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Oleh sebab itu, pemerintah RI pun menarik produk jamur enoki yang diimpor dari Korea Selatan.

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memerintahkan importir jamur enoki dari Korea Selatan untuk memusnahkan dan menarik jamur enoki yang telah dijual di Indonesia.

Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi, dalam pernyataan resmi mengatakan keputusan penarikan dan pemusnahan jamur enoki dilakukan atas imbauan dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) pada Rabu (15/4/2020) silam. Sejak saat itu, pihak BKP pun langsung melakukan investigasi dan akhirnya resmi memutuskan untuk menarik jamur enoki di Tanah Air.

Baca Juga: Telanjur Punya Jamur Enoki di Rumah? Begini Cara Olahnya agar Aman dari Infeksi Listeria

Baca Juga: Apa Itu Infeksi Listeria?

"Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg," katanya.

Sampai saat ini, Agung mengatakan belum ada laporan kasus terinfeksi listeria di Indonesia. Namun, dengan kejadian ini, Agung pun mengimbau masyarakat untuk lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

"Sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki tersebut. Hal-hal yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian merupakan langkah pencegahan," imbaunya.