Jamur enoki membuat heboh para pecinta makanan korea. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut jamur enoki jadi penyebab wabah listeria di Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

Namun, jika kamu memilikinya di rumah, enggak perlu khawatir ya! Kamu masih bisa mengonsumsi jamur enoki yang dimiliki di rumah dengan mengolahnya secara benar.

Jika kamu ingin membunuh bakteri listeria di makanan, para ahli kesehatan mengimbau untuk mencuci bersih makanan itu. Selanjutnya, memasak makanan tersebut pada suhu yang lebih tinggi dari 65 celcius karena itu bisa membunuh bakteri. Jangan lupa untuk memasak makanan tersebut hingga matang agar bakteri benar-benar hilang.

Baca Juga: Apa Itu Infeksi Listeria?

Baca Juga: Sebabkan Wabah Listeria, Pemerintah RI Musnahkan Jamur Enoki Asal Korea Selatan

Seperti diketahui bahwa listeria dapat bertahan hidup di suhu dingin. Oleh sebab itu, jangan lupa membersihkan seluruh permukaan yang telah terkontaminasi oleh listeria.

"Cuci dan bersihkan semua permukaan dan wadah yang mungkin bersentuhan dengan jamur enoki. Listeria dapat bertahan hidup dalam suhu dingin dan dapat dengan mudah menyebar ke makanan dan permukaan lainnya," kata Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) di laman resminya.