Menu

Si Kecil Makan Diemut? Begini Moms Cara Mengatasinya, Jangan Diomeli Ya!

14 Januari 2022 16:10 WIB
Si Kecil Makan Diemut? Begini Moms Cara Mengatasinya, Jangan Diomeli Ya!

ibu sedang memberi makan anaknya. (Pexels/Yan Krukov)

HerStory, Bekasi —

Kebiasaan si kecil suka mengemut makanan kerap membuat orang tua jengkel dan gregetan. Mengemut makanan rupanya  juga bisa merusak gigi dan meningkatkan risiko tersedak lho

Sebab itu, orang tua harus memutar otak mencari cara agar anak gak mengemut makanan lagi. Kebiasaan buruk ini bisa disebabkan karena anak gak suka dengan rasa dan tekstur makanan tersebut. Nah, jika si kecil sering mengemut makanan, berikut cara yang bisa Moms coba.

Responsive feeding

Responsive feeding ialah memberikan makan ketika anak memberi sinyal lapar. Kemudian berhenti saat mereka sudah menunjukkan rasa kenyang. Orang tua diharuskan untuk peka terhadap sinyal si kecil, jangan malah memaksa untuk menghabiskan makanannya.

Fruit feeder

Cara selanjutnya, orang tua bisa memberikan fruit feeder. Bentuknya yang kecil dan memiliki kantung untuk meletakkan buah, dengan ini anak bisa mencoba merasakan buah dan memakannya dengan lebih nyaman.

Lingkungan yang mendukung

Ciptakan suasana yang mendukung mood anak untuk makan. Hindari berbagai hal yang bisa mengalihkan perhatian anak selain makan.

Variasi makanan

Mungkin anak mengemut makanan karena ia merasa bosan dengan menu yang sama. Maka itu, coba untuk memberikan sajian yang bervariasi agar anak semangat dan lahap makan.

Baca Juga: Salut! 12 Selebritis Hollywood Rela Menjadi Ibu Rumah Tangga

Baca Juga: Sedang Musim Penyakit, Seberapa Penting Sih Vitamin Bagi Anak? Ini Tanggapan Ibu...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.