Menu

Tenggorokan Terasa Gatal Beauty? Hati-hati Itu Gejala Covid-19 Varian...

14 Januari 2022 13:50 WIB
Tenggorokan Terasa Gatal Beauty? Hati-hati Itu Gejala Covid-19 Varian...

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Gejala varian Omicron secara umum tak jauh berbeda dengan gejala virus corona Covid-19 lainnya.  Namun, terdapat sejumlah gejala yang umum dirasakan oleh pasien yang terinfeksi varian Omicron.  

Orang-orang yang terinfeksi virus corona varian Omicron ini ditemukan memiliki satu gejala yang sama, yaitu tenggorokan gatal.

Tak seperti pasien Covid-19 varian pertama dan mereka yag terinfeksi varian Delta, pasien Omicron tak melaporkan sakit tenggorokan, melainkan tenggorokan gatal.

Melansir Deseret News, Jumat (14/1/2022), Menteri Kesehatan Afrika Selatan Joe Phaahla menduga, vaksinasi dan kekebalan yang didapatkan dari infeksi Covid-19 sebelumnya membuat gejala yang ditimbulkan Omicron lebih ringan.

Sementara itu, Dr Michelle Groome, seorang pejabat di Institut Nasional untuk Penyakit Menular di Afrika Selatan, mengatakan, Omicron cenderung lebih ringan karena kekebalan yang sudah ada, daripada faktor virulensi varian tersebut.

Namun, hal itu juga membuat orang-orang yang belum pernah terinfeksi atau mendapatkan vaksinasi Covid-19 menjadi lebih rentan terkena gejala parah akibat Omicron. 

"Jadi yang sebelumnya tidak terinfeksi dan tidak divaksinasi tetap berisiko terkena gejala parah Covid-19," ujar Groome.

Baca Juga: Benarkah Penyintas Covid-19 Varian Omicron Bisa Kembali Terpapar Covid Varian Baru? Cek Faktanya

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, PB IDI Imbau Masyarakat Pakai Masker Lagi! Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan, Catat Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.