Menu

Bumil Merapat! Ini 3 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Ibu Hamil, Semoga Dijauhin Ya

Cherryn Lagustya
14 Januari 2022 16:30 WIB
Bumil Merapat! Ini 3 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami Ibu Hamil, Semoga Dijauhin Ya

Ibu hamil sedang memeriksakan tekanan darahnya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bekasi —

Ibu hamil memang diketahui sangat rentan terhadap sejumlah penyakit yang sering terjadi selama masa kehamilan. Banyak kasus di mana ibu hamil mengalami masalah selama kehamilan atau memiliki risiko tinggi ketika melahirkan. 

Masalah tersebut seringkali bisa mengancam nyawa ibu dan calon buah hati, atau keduanya. Maka itu, penting bagi calon ibu untuk mengetahui apa saja masalah kesehatan yang rentan dialami oleh ibu hamil.

Preeklamsia

Preeklamsia merupakan suatu kondisi selama kehamilan di mana terjadi peningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba dan adanya pembengkakan. Kondisi ini umumnya dimulai setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu pada wanita. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya preeklamsia ialah ibu hamil berusia lebih dari 40 tahun atau di bawah 20 tahun.

Diabetes

Diabetes gestasional pada ibu hamil bisa terjadi karena perubahan hormonal. Biasanya ini terjadi karena ibu hamil gak memerhatikan porsi dan kandungan nutri dalam makanan yang dikonsumsinya.

Anemia

Anemia biasa terjadi pada ibu hamil di trimester pertama dan ketiga. Biasanya terjadi karena pila makan ibu hamil yang gak memerhatikan asupan nutrisi, terutama zat besi. Gejala anemia biasanya ditandai dengan cepat lelah, kulit pucat, nyeri dada, sesak napas, hingga denyut jantung gak teratur.