Di Amerika Serikat ada hampir 50 juta orang yang bisa terkena jerawat dengan beberapa cara dan lima persen dari angka tersebut diketahui karena terdampak oleh rosacea. Tetapi kalian tau nggak sih kalau rosacea dan jerawat itu sama namun beberbeda? Papulopustular rosacea biasanya dikenal sebagai acne rosacea yang memiliki kemiripan dengan jerawat namun memiliki efek yang berbeda.

Papuopustular rosaceayang sering dikira jerawat ini terkadang membuat dermatologis salah diagnosis, padahal perawatan dari dua penyakit ini sangat berbeda. Jadi, kira-kira apa sih yang membedakan rosacea dengan jerawat? Berikut rangkuman (29/06/2020) HerStory untuk kamu!

Papulopustular Rosace, Apa Sih Itu?

Baca Juga: Beauty, Jangan Gunakan 3 Jenis Skincare Ini Setiap Hari Ya! Bisa Bikin Kulitmu Rusak, Lho!

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bikin Rusak hingga Efek Samping Bagi Kesehatan!

Jadi, masalah ini memiliki gejala yang hampir sama dengan rosacea biasa. Menurut dokter kulit yang berbasis di New York gejala yang ditimbulkan oleh masalah wajah ini kulit terasa lebih sensitif dengan lingkungan sekitar, wajah bisa berubah kemerahan dan bisa mengalami sensasi kulit terbakar atau bahkan menyengat.

Kalau kamu mengidap penyakit ini maka ada kemungkinan kamu akan mengalami benjolan merah pada wajah yang mengandung nanah. Selain itu, kamu juga enggak bisa menemukan komedo di wajahmu lho! Untuk mendeteksi jerawat ini kamu bisa melihat di mana biasanya jerawat ini muncul. Biasanya jerawat ini akan muncul di pipi, pangkal hidung dan juga dagu.

Perbedaan Jerawat dengan Rosacea

Menurut salah satu konsultan ahli kulit mengatakan bahwa jerawat dan rosacea dapat terlihat sama satu sama lain, tetapi sangat penting untuk menentukan perbedaannya karena dua jerawat ini memiliki cara perawat yang sangat jauh berbeda.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ternyata Begini Cara Menggunakan Blush On Sesuai Bentuk Wajah, Catat Baik-Baik Ya!

Baca Juga: Wadaw! Nggak Perlu Dandan, Wanita dengan 5 Zodiak ini Dipercaya bisa Memancarkan Kecantikan Alaminya Lho, Kamu Termasuk Nggak?

Rosacea sendiri merupakan penyakit penghalang kulit, yang bisa terjadi karena berbagai macam sebab. Kalau kamu mengidap rosacea maka kulit kamu akan lebih lemah dan peka. Sedangkan untuk jerawat merupakan penyakit yang timbul akibat kulit wajah yang berminyak. Jika, rosacea kamu sudah ada pada titik kronis makan akan muncul gejala yang lebih parah lagi seperti kemerahan, sensitivitas dan pembuluh darah yang melebar. Sedangkan untuk jerawat biasa hanya akan mengandung berbagai gejala seperti komedo dan benjolan merah.

Wah! Ternyata bukan hanya jerawat yang menjadi masalah di wajah kita ya, ternyata ada jerawat lain yang memiliki dampak yang luar biasa! Segera konsultasi ke dokter ya Beauty apabila kamu merasakan gejala seperti di atas.