Beauty, apakah kamu sudah melakukan sarapan pagi? Jika belum, jangan dilewatkan ya! Sarapan memang jadi salah satu hal wajib jika kamu memiliki aktivitas yang padat. Sarapan bisa jadi pengisi bahan bakar tenaga agar tubuh kuat menjalani hari.

Enggak perlu mengonsumsi makanan berat saat sarapan. Kamu bisa memilih salad untuk mengisi perut kosongmu di pagi hari. Salad merupakan makanan yang baik untuk kesehatan karena selain rasanya yang lezat juga berisikan nutrisi serta vitamin untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi salad untuk sarapan:

Meningkatkan sistem pencernaan

Salad biasanya dibuat dari buah-buahan dan sayuran. Itu artinya salad mengandung banyak serat dan air sehingga membuatnya sangat baik untuk pencernaan tubuh. Serat membantu tinja bergerak ke usus dengan lancar dan mengurangi kemungkinan sembelit.

Baca Juga: Sarapan Sehat dengan Omelet Makaroni yang Super Nikmat, Begini Cara Membuatnya!

Baca Juga: Ingin Kontrol Nafsu Makan? Coba Sarapan Tinggi Protein, Dijamin Bisa Tahan Hasrat untuk Ngemil!

Membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan mencegah penyakit tertentu

Ini seharusnya tidak mengejutkan lagi karena makan salad saat sarapan berarti bahwa kamu mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan dan sayuran di pagi hari. Artinya kamu banyak mengonsumsi nutrisi dan senyawa tanaman yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengurangi kemungkinan berbagai penyakit. Penyakit-penyakit tersebut termasuk penyakit jantung, diabetes dan bahkan kanker.

Meningkatkan mood dan produktivitas

Salah berisi sayuran dan buah-buahan yang mengandung karbohidrat kompleks. Tahukah kamu bahwa makan sarapan yang tinggi karbohidrat kompleks dan rendah lemak membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan suasana hati? Selain itu, karbohidrat kompleks juga berperan dalam meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan pemrosesan informasi, perhatian, dan memori di otak. Karena itu, makan buah-buahan dan sayuran di pagi hari (yang semuanya rendah lemak dan kaya karbohidrat kompleks) adalah cara yang baik untuk mempersiapkan mental dan pikiran untuk hari itu, dan juga memastikan kamu merasa nyaman sepanjang hari.

Cara membuat salad untuk sarapan

Langkah 1: Pilih sayuran. Sebagai dasar salad, pilihlah sayuran berdaun karena sangat bergizi.

Baca Juga: Penderita Diabetes Mari Merapat! Konsumsi Jambu Biji untuk Sarapan Bisa Kontrol Gula Darah Lho

Baca Juga: Melewatkan Sarapan Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah Begitu?

Langkah 2: Tambahkan sumber protein. Sangat penting untuk membuat tubuh kenyang, ini bisa berasal dari telur dan produk susu, atau sumber tanaman, seperti kacang polong atau biji-bijian tertentu.

Langkah 3: Masukkan beberapa karbohidrat kompleks. Ini bertindak sebagai sumber bahan bakar utama tubuh, jadi jangan lupakan itu. Yang terbaik adalah mendukung karbohidrat kompleks daripada gula dan pati.

Langkah 4: Tambahkan sedikit lemak sehat. Sumber lemak sehat terbaik adalah makanan nabati utuh. Ini dapat membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak.