Beauty, apakah kamu sering merasa tak nyaman saat harus kerja di depan komputer sepanjang hari? Kamu bisa atasi dengan menongsumsi kopi di pagi hari lho.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan minum secangkir kopi di pagi hari dapat membantu mencegah rasa sakit fisik yang dipicu karena menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer.

Penelitian ini melibatkan 48 peserta, 22 diantaranya memiliki masalah nyeri leher atau bahu kronis. Sedangkan 26 orang diantaranya dalam kondisi sehat tanpa rasa sakit. Kedua golongan ini diteliti dengan harus duduk di depan komputer selama 90 menit dan melakukan pekerjaan berbasis layar intensif yang dimaksudkan untuk meniru pekerjaan kantor tanpa jeda.

Baca Juga: Bikin Kulit Sehat dan Halus, Cobain Yuk Lulur Alami Berbahan Kopi Ini saat Kamu sedang #DiRumahAja!

Baca Juga: Ajaib! Ini Lho Manfaat Kopi Pahit yang Bisa Cegah 5 Penyakit Serius

Ilmuwan Norwegia mengatakan bahwa tugas itu diketahui menyebabkan rasa sakit di bahu, leher, lengan, dan pergelangan tangan. Para Ilmuwan dari Norway's National Institute of Occupational Health and Oslo University Hospital ingin membandingkan bagaimana kedua golongan ini mentolerir tugas dengan minum kopi sebelum mengikuti penelitian ini.

Hasilnya para ilmuwan menemukan bahwa 19 peserta yang minum kopi mengalami lebih sedikit rasa sakit saat jalani tes selama 90 menit dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Mereka yang minum kopi juga menilai rasa sakitnya kurang intens dibandingkan dengan 29 orang yang ikut penelitian lainnya.

Rata-rata peserta yang minum kopi menilai intensitas rasa sakit mereka menjadi 41 pada skala 100 poin dibandingkan dengan peserta yang tak mengonsumsi dari kopi menilai intensitas rasa sakit mereka menjadi 55.

Hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Research Notes, mengungkapkan bahwa celah yang sama ditemukan untuk semua rasa nyeri lainnya.

Baca Juga: Ternyata 3 Makanan Ini dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh Kamu, Kenapa Ya?

Baca Juga: Dear Pecinta Kopi, Yuk Simak Tips Aman untuk Minum Kopi Selama Puasa!

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kafein merangsang reseptor tertentu dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk memblokir efek rasa sakit, dan stimulan sering ditambahkan ke obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dan parasetamol karena dianggap meningkatkan kualitas penghilang rasa sakit.

Para peneliti menyimpulkan bahwa sementara peminum kopi dan non-peminum mengalami rasa sakit di bahu, leher, lengan dan pergelangan tangan selama tes itu, peminum kopi melaporkan tingkat rasa nyaman yang tinggi.

"Hasilnya mengungkapkan peningkatan yang signifikan lebih rendah dalam pengembangan rasa sakit untuk subjek yang telah mengkonsumsi kopi sekitar satu setengah jam sebelum tes, dibandingkan dengan mereka yang abstain," catat para peneliti dalam penelitian ini.