Kawat gigi bukanlah hal yang asing lagi di dengar. Sudah banyak orang yang menggunakan behel gigi. Selain untuk membuat gigi rapi, ada juga yang menggunakan behel gigi untuk gaya-gayaan alias modis. Bahkan, ada lho yang sampai menggunakan behel murah demi merubah penampilan. Padahal menggunakan behel tentu ada efek sampingnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (29/6/2020) yuk kenali efek samping dari pemakaian kawat gigi. Hati-hati kesehatan gigi kamu bisa terganggu lho. kira-kira apa saja ya?

Nyeri rahang dan bikin sakit kepala

Efek samping yang pertama adalah nyeri rahang yang menjalar sampai bikin sakit kepala. Sebab menggunakan kawat gigi atau behel, dokter pasti mengecangkannya agar rahang menjadi tegang dan ketat.

Sebab itu, tubuh merespon pergeseran gigi yang disebabkan oleh behel dan terjadilah inflamasi yang bikin sakit kepala. Selain itu, mengunyah makanan yang keras saat awal menggunakan behel gigi, pasti menyebabkan pendarahan pada gusi dan nyeri.

Merusak jaringan mulut

Awal menggunakan behel, pasti kamu akan mengalami namanya luka di dalam mulut. Hal tersebut disebabkan karena mulut kamu yang lagi mengalami penyesuaian dengan menggunakan behel. Biasanya, gosokkan behel mampu menyebabkan lecet luka, dan pendarahan di dalam mulut.

Kerusakan behel

Behel atau kawat gigi memang diciptakan dari bahan-bahan yang kuat. Tapi, behel juga mampu terkikis dan rusak akibat kamu mengonsumsi makanan yang bertekstur keras, seperti es batu, permen, dan kacang. Hal tersebut tentu sangat bahaya bagi mulut.

Resorpsi akar

Resorpsi adalah pemendekan akar gigi yang dapat dialami orang pemakai behel. Menurut dokter gigi dari Brace Place yaitu Adel Bou Saba, salah satu klinik gigi di inggris menyatakan bahwa hal ini akan terjadi kepada orang yang menggunakan behel dalam jangka panjang atau lama.

Nah 4 kerugian di atas adalah efek samping menggunakan behel. Namun selain memiliki efek samping, pengguna behel juga harus rajin perawatan. Sebab kalau enggak perawatan, hal yang lebih ekstrem akan terjadi pada mulut kamu. Seperti gigi copot akibat behel dan lainnya.