Menu

Jangan Kaget! Ini Efek Samping Vaksin Booster Pfizer Hingga Moderna

17 Januari 2022 14:35 WIB
Jangan Kaget! Ini Efek Samping Vaksin Booster Pfizer Hingga Moderna

Ilustrasi seorang wanita sedang vaksin HPV sebagai upaya pencegahan kanker serviks. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Vaksin booster atau vaksin dosis ketiga kini telah diizinkan oleh Pemerintah RI melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ternyata, pemakaian vaksin booster ini bisa menimbulkan efek samping lho.

Bagi kamu yang ingin melakukan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga, jangan kaget jika hal ini terjadi padamu setelah vaksin. Berikut adalah beberapa efek sampingnya, dilansir dari berbagai sumber, Senin (17/1/2022).

1.  Sinovac

Sinovac merupakan vaksin yang pertama kali diizinkan oleh pemerintah. Efek samping yang dialami setelah melakukan vaksinasi sinovac seperti nyeri bekas suntikan, nyeri pada otot, pembengkakan pada area suntikan, sakit kepala dan bisa menyebabkan diare.

2. AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca memiliki efek samping yang ringan hingga berat yang bisa dialami siapa pun yang menggunakan vaksin ini. Efek samping yang dialami setelah melakukan vaksinasi AstraZeneca adalah nyeri bekas suntikan, sakit kepala, demam, tubuh menggigil, myalgia, malaise, nyeri sendi, hingga mengalami kelelahan.

3. Moderna

Vaksin Moderna atau vaksin mRNA memiliki efek samping yang tidak jauh berbeda dengan jenis vaksin lainnya. Efek samping dari vaksin Moderna ini seperti sakit kepala, lemas, demam, menggigil, ruam, nyeri otot dan mengalami mual. 

4. Pfizer

Vaksin Pfizer memiliki efek samping yang umum dan tidak berbeda jauh dengan merek vaksin lainnya yang digunakan di Indonesia. Efek samping tersebut seperti nyeri otot, nyeri sendi dan demam.

5. Zifivax

Vaksin Zifivax yang dikembangkan oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical telah memenuhi izin penggunaan darurat pada Oktober 2021 silam. Efek samping dari vaksin ini umumnya tidak jauh berbeda dengan vaksin lainnya yakni mengalami sakit kepala, demam, menggigil, hingga kelelahan.

Itulah beberapa efek samping yang ditimbulkan dari masing-masing vaksin.