Menu

Sering Dianggap Menyehatkan Tubuh, Meditasi Ternyata Miliki 5 Bahaya Ini

17 Januari 2022 15:35 WIB
Sering Dianggap Menyehatkan Tubuh, Meditasi Ternyata Miliki 5 Bahaya Ini

Meditasi. (Pixabay/Irina L)

HerStory, Bandung —

Meditasi telah lama menjadi salah satu praktik yang paling direkomendasikan untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Banyak yang percaya bahwa meditasi bisa meningkatkan suasana hati, menyembuhkan luka emosional dan membantu diri kita lebih damai atau tidak stres. 

Para peneliti telah mendukung klaim ini dari berbagai penelitian yang menemukan meditasi bisa menurunkan stres, meningkatkan kesehatan dan daya ingat kita. Tapi, tahu enggak Moms, ternyata, masih banyak yang enggak tahu kalau meditasi juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan lho.

Sebuah studi tahun 2017 oleh para peneliti dari Brown University dan University of California menemukan beberapa efek samping meditasi pada manusia. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa dampak negatifnya:

1. Orang lebih rentan terhadap serangan kecemasan

Para ahli telah menyatakan bahwa meditasi dapat menyebabkan serangan kecemasan. Karena, meditasi cenderung membawa kembali semua jenis emosi dan ingatan, termasuk ingatan traumatis yang banyak memberikan perasaan negatif selama meditasi. Dalam studi 2017, mereka yang berpartisipasi juga menunjukkan tanda-tanda kecemasan, ketakutan, dan paranoia.

2. Peningkatan disosiasi dengan dunia

Meditasi juga bisa menyebabkan perasaan negatif. Menurut para ahli kesehatan, meditasi bisa menyebabkan perasaan disosiasi dan keengganan untuk berhubungan dengan orang lain.

Selain itu, meditasi juga membantu mengembangkan pemahaman dengan diri sendiri. Meditasi bisa mengubah cara kamu melihat orang lain dan mempersulit kamu untuk terikat dengan orang lain.