Selama masa pandemik ini, hal-hal yang harus kamu jaga selain imunitas pada tubuh adalah kebersihan diri. Menurut UNICEF dan WHO, mencuci tangan enggak harus dilakukan dalam waktu yang lama, hanya membutuhkan 20 hingga 30 detik untuk melakukannya yang penting langkah mencuci tangan yang kamu lakukan itu dilakukan dengan benar ya! Sebagian orang masih beranggapan bahwa mencuci tangan dengan waktu yang lebih lama maka akan membuat tangan menjadi lebih bersih, ternyata enggak lho Beauty!

Meski menyarankan untuk melakukan cuci tangan selama 20 hingga 30 detik namun UNICEF dan WHO tetap menyarankan untuk kamutetap mencuci tangan setiap harinya agar tangan kamu bisa terbebas dari virus, kuman ataupun bakteri. Jika kamu sehabis bersin dan batuk segeralah cuci tangan. Lalu jika kamu habis dari luar rumah, bertemu dengan orang lain, sebelum dan sesudah makan akan lebih baik untuk mencuci tangan. Berikut ini 3 yang terkadang masih menjadi salah pemahaman oleh banyak orang! Yuk lihat rangkuman (29/06/2020) dari HerStory ini!

Mencuci Tangan dengan Air Hangat Lebih Baik? 

Banyak orang yang beranggapan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan juga air hangat bisa membunuh kuman lebih banyak, nyatanya enggak lho! Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, beberapa orang diminta untuk mencuci tangan dengan air bersuhu 40 hingga 120 derajat. Ditemukan bahwa suhu pada air enggak berpengaruh pada hilangnya kuman di tangan.

Baca Juga: Sering Cuci Tangan Pakai Sabun Antibakteri? Waspada! Ini Bahaya Kandungan Triclosan yanga Ada di Dalamnya

Baca Juga: Mitos dan Fakta Virus Corona yang Wajib Kamu Tahu! Apa Saja Sih?

Kemudian, penelitian lain mengatakan bahwa jika kamu mencuci tangan dengan waktu lima detik saja enggak akan membuat kuman ditangan kamu akan hilang, namun apabila kamu mencuci tangan selama 20-30 detik maka bisa membuat sebagian bakteri dan kuman pergi.

Pembersih Tangan Anti Kuman memiliki Sifat yang Sama dengan Air dan Sabun

Kamu pasti sering mengira kalau pembersih tangan merupakan cara yang efektik untuk menghilangkan kuman di tangan tanpa harus mencuci tangan, ternyata salah lho! Beberapa penelitian mengatakan mencuci tangan dengan cara yang lama, yaitu dengan air masih menjadi satu-satunya cara yang efektif untuk membunuh kuman. 

Kamu boleh kok menggunakan pembersih tangan, tapi kalau memang terpaksa enggak bisa mencuci tangan dengan air ya! Tips untuk menggunakan pembersih tangan adalah biarkan pembersih tangan selama 15 detik atau hingga kering baru kamu melakukan kegiatanmu selanjutnya.

Cuci Tangan yang Rutin Membuat Kulit Lebih Sehat.

Cuci tangan memang bagus untuk mencegah kamu dari penyakit dan bakteri, tetapi jika terlalu juga akan mengakibatkan beberapa efek pada kulit seperti dermatitis yang akan muncul apabila ita terlalu sering mencuci tangan. Kalau kamu ingin menjaga kelembutan dan kelenturan kulitmu maka kamu bisa membatasa frekuensi mencuci tanganmu. 

Baca Juga: Catat Ya! Ini Mitos-Mitos Seputar Virus Corona Berdasarkan WHO

Baca Juga: Cuci Tangan Pakai Sabun! Jubir COVID-19: Terbukti Secara Ilmiah Sabun Bisa Hancurkan Virus

Tetap menjaga kebersihan tubuhmu, Beauty! Agar tetap sehat selalu ya!