Manfaat berkebun selain membuat taman mu menjadi lebih indah, ternyata berkebun juga memiliki manfaat untuk kesehatan jiwa serta ragamu lho! Karatina di rumah membuat kita memiliki waktu yang lebih lama di rumah dan membuat kita bingung ingin melakukan apa. Nah, daripada bingung dan enggak tau lagi mau ngapain, mending kamu berkebun saja!

Berkebun menjadi salah satu tren yang sedang sering dilakukan oleh orang-orang ketika karantina. Kegiatan ini enggak jarang juga dijadikan sebagai hobi oleh beberapa orang. Kamu tertarik untuk mencoba? Berikut ini 5 manfaat berkebun yang sudah dirangkum (29/06/2020) HerStory untuk kamu!

Bisa Membakar Kalori

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, ternyata enggak harus selalu dengan diet ataupun olahraga yang berat, berkebun juga bisa kamu gunakan untuk menurunkan kalori kok. Seperti yang dikutip dari Goodhouskeeping, dengan melakukan berkebun kamu bisa membakar kalori hingga 330 kalori lho!

Baca Juga: Cantik Itu Sehat, Body Shaming Kok Bisa Ada?

Baca Juga: Overthinking Buang Waktu, Ini Cara Berhenti Yang Ampuh!

Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Jika kamu melakukan kegiatan berkebun selama 30 menit dalam satu hari maka akan membantu kamu untuk  mengendalikan tekanan darah tinggi. The National Heart, Lung and Blood menyarankan kamu untuk melakukan kegiatan berkebun selama 30 hingga 45 menit setiap harinya.

Bagus untuk Kesehatan Tulang

Karena berkebun pada umumnya dilakukan di luar ruangan, maka kegiatan ini juga memiliki pengaruh baik untuk tulangmu karena kamu akan menjadi lebih lama terkena Vitamin D dari sinar matahari pagi. Selain itu, matahari juga bisa membantu kamu mencegah penyakit kanker kulit. 

Konsumsi Makanan Sehat menjadi Lebih Sering

Biasanya tanaman yang paling sering ditanam oleh orang adalah sayuran. Dengan menanam sayur maka secara enggak langsung kamu juga mempromosikan pola makan yang sehat, The Dietary Guidelines mengatakan setidaknya kamu harus mengonsumsi sayuran sebanyak 1,5 hingga 2 cangkir sayur setiap harinya untuk mendapatkan nutrisi yang baik.

Bisa Menghilangkan Stress

Kegiatan berkebun memiliki kolerasi dengan pengurangan gejala depresi dan stres menurut Laporan Pengobatan Preventif yang melihat dari 22 kasus yang berbeda. Beberapa rumah sakit juga ada yang menggunakan metode menanam sebagai jenis rehabilitasi terhadap orang-orang yang baru sembuh dari penyakit stroke, cedera, operasi dan penyakit lainnya. Kemudian, terapi hortikultura NYU Lounge membuat pasien membangun kembali kesehatan dan mental serta membuat mereka belajar keterampilan baru dan membangkitkan kepercayaan diri.

Baca Juga: Duh, Burnout Syndrome Masalah Baru di Tengah Pandemi

Baca Juga: Kebiasaan 'Ngutang' Bisa Sebabkan Gangguan Mental? Benar Enggak Sih?!

Wah! Sepertinya seru ya Beauty, coba yuk!