Menu

Tangan Selalu Dingin? Ini yang Ingin ‘Diberitahukan’ Tubuhmu Beauty!

17 Januari 2022 16:37 WIB
Tangan Selalu Dingin? Ini yang Ingin ‘Diberitahukan’ Tubuhmu Beauty!

Ilustrasi tangan selalu merasa dingin (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, sepertinya wajar jika tangan kita terasa dingin saat cuaca dingin atau sedang berada di ruangan yang ber-AC. Tetapi ketika perasaan dingin itu muncul tanpa henti, mungkin ada hal lain yang berperan.

Tangan atau ujung jari yang terus-menerus dingin dapat berarti bahwa darah tidak mengalir ke tangan sebagaimana mestinya, yang bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang mendasarinya, menurut Mayo Clinic.

“Memiliki penyumbatan di arteri yang mencegah darah mencapai titik tertentu di tubuh Anda dapat menyebabkan dingin di tangan. Terkena dingin juga dapat menyebabkan vasospasme, atau penyempitan pembuluh darah, yang pada akhirnya mengurangi aliran darah ke tangan. Terkadang, rasa dingin bisa mulai menyebabkan rasa sakit di tangan atau bahkan membuatnya mati rasa," jelas Alain Tanbe, MD, ahli bedah vaskular di Mercy Medical Center di Baltimore, MD.

Lebih lanjut, Tanbe pun menyarankan agar kita memperhatikan gejala lain untuk menentukan masalahnya. Berikut adalah 5 penyebab tangan dingin yang paling umum, sebagaimana dikutip dari Livestrong, Senin (17/1/2022).

1. Sindrom Raynaud

Tangan yang menjadi sangat dingin, pucat atau mati rasa sebagai respons terhadap suhu dingin bisa menjadi tanda penyakit Raynaud.

"Ini adalah penyebab paling umum dari tangan dingin yang biasanya saya lihat," kata Dr. Tanbe.

Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di tangan dan jari menyempit ketika seseorang kedinginan atau stres, yang menyebabkan berkurangnya aliran darah, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMSD).

Serangan Raynaud sering menyerang ketika seseorang mengalami perubahan suhu yang cepat, seperti memasuki gedung yang terlalu ber-AC atau berjalan ke bagian berpendingin supermarket, kata Orrin Troum, MD, rheumatologist di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California.

Dan, seringkali, rasa dingin atau tidak nyaman itu dimulai di satu jari dan menyebar ke jari lain di kedua tangan.

Seseorang dapat memiliki Raynaud dengan sendirinya, tetapi juga dapat menjadi kondisi sekunder yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya, termasuk rheumatoid arthritis, lupus, scleroderma, aterosklerosis atau hipertensi pulmonal. Paparan bahan kimia di tempat kerja seperti vinil klorida atau sering melakukan gerakan tangan berulang seperti mengetik, memainkan alat musik, atau menggunakan alat bergetar dapat menyebabkan Raynaud sekunder juga, menurut Klinik Cleveland.

Cara mengatasi:

Mengobati Raynaud primer sering kali melibatkan menghindari pemicu yang menyebabkan pilek dan ketidaknyamanan, dan menghangatkan kembali tangan saat terlalu dingin, menurut NIAMSD. Menurut Dr. Troum, penghangatan kembali dapat mulai meredakan gejala dalam waktu 15 hingga 20 menit.

“Untuk gejala parah yang menyebabkan rasa sakit, obat oral atau krim termasuk penghambat saluran kalsium dan vasodilator dapat membantu,” kata Dr. Tanbe.

Baca Juga: Waspada Beauty! Banyak Anak Muda Idap Diabetes, Ternyata Ini Faktor Risikonya

Baca Juga: Bisa Jadi Obat Alternatif Diabetes, Cobain 3 Jenis Tanaman Herbal Ini Biar Gula Darah Langsung Ambrol

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: