Enggak cuma kecerdasan intelektual, kecerdasan secara emosional atau EQ perlu juga dikembangkan. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional apabila ia mampu mengerti emosinya sendiri dan juga orang di sekitarnya. Banyak hal yang bisa dijadikan sebai standar untuk menguji EQ. Mulai dari menghadapi situasi, tantangan dalam keseharian, hingga penyelasaian masalah yang kerap terjadi dalam hidup.

Melatih kecerdasaian emosional itu penting, dengan begitu banyak manfaat yang bisa dipetik. Sebut saja seperti mampu mencari solusi dari sebuah masalah, membuat keputusan, dan tahu berkomunikasi yang baik dengan teman atau partner kerja.

Beauty yang saat ini menjaalani dua peran sebagai wanita karier dan ibu rumah tangga alias working moms, kamu harus tahu betul betapa pentingnya EQ di tempat bekerja.Terlebih lagi kalau kamu baru mau mulai melamar atau mengikuti interview di suatu perusahaan,

Baca Juga: Working Moms Perlu Tahu, 5 Hadiah Sederhana untuk Suami Ini Bisa Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Lho!

Baca Juga: Dijamin Langgeng sampai Tua! Begini Cara Atasi Masalah Rumah Tangga dengan Suami, Catat Ya Working Moms!

Sebuah studi yang dikutip dari laman Verry Well Mind mengatakan, hampir 75 persen responden dari perekrut kerja menunjukkan kalau lebih mementingkan EQ ketimbang IQ dari calon karyawan. Hal ini membuktikan kalau kecerdasan emosional memberikan dampak yang tinggi ketimbang urusan teknis.

Seperti yang sudah dikatakan di awal, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melatih EQ yang kamu miliki. Berikut lima hal yang bisa membantumu untuk meningkatkan kecerdasan emosional seperti dikutip dari laman sindikasi Muslimah DailySenin (29/6/2020).

Mengelola emosi negatif

Beauty, tentunya kamu pernah merasakan sedih, kecewa, labil, hingga perasaan marah, bukan? Hal itu merupakan emosi negatif yang wajar dirasakan banyak orang. Meskipun tergolong wajar, kamu juga perlu untuk mengelola dan mengurangi emosi negatifmu.

Memang bukan pekerjaan yang mudah, tapi kamu bisa memulainya dengan enggak menyimpulkan langsung kesalahan yang orang lain perbuat kepadamu. Coba deh, lihat suatu permasalahan dari perspektif atau sudut pandang yang berbeda. Belajar untuk melihat segala hal secara objektif bisa membantumu untuk mengurangi perasaan negatif.

Baca Juga: Wow! Harga Emas Antam Naik Lagi, Working Moms Siap Investasi?

Baca Juga: Dear Working Moms, Ini 7 Jenis Pola Asuh dan Dampaknya Bagi Si Kecil yang Perlu Kamu Tahu, Catat Baik-Baik Ya!

Bangkit dari kesulitan

Beauty, hidup memang enggak selalu sesuai rencana. Enggak jarang kalau ada saja suatu persoalan yang mengadang dan membuatm terpuruk. Untuk itu, belajar berpikir positif dengan enggak menyesali keadaan yang ada merupakan langkah tepat yang bisa diambil. Dengan begitu, kamu akan mampu bangkit kembali dari kesulitan yang sedang dihadapi.

Perhatikan apa yang kamu ucap

Sau hal yang pelu Beauty tahu, seseorang yang cerdas secara emosional cenderung akan menggunakan kata-kata yang lebih spesifi. Hal ini mereka lakukan untuk membantu mengkomunikasikan suatu kekurangan dan langsung mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Ketika kamu memiliki kesempatan untuk mendiskusikan sesuatu dengan atasan atau orang yang disegani. Terkadang,  tanpa disengaja kamu melakukan kesalahan akibat rasa gugup. Tetapi, hal itu cenderung akan dapat kamu atasi dengan baik.

Melatih empati

Enggak cuma itu, kamu bisa mulai melatih empati secara verbal maupun nonverbal kepada orang lain. Kamu bisa memulainya dengan berfokus pada perasaan orang lain.

Kamu enggak akan tahu bagaimana perasaan orang lain sebelum kamu berusaha untuk lebih mengerti. Dengan usaha yang dilakukan, kamu bisa memahami perasaannya dan hal itu dapat menyadarkanmu kalau setiap orang memiliki masalahnya masing-masing.

Kenali stresmu

Engggak ada yang lebih memahami seseorang, selain dirinya sendiri. Untuk itu, kamu harus peka terhadap apa saja yang bisa membuatmu merasa stres dan bagaimana cara tepat mengatasinya. Hindari melakukan sesuatu yang sudah pasti akan membuatmu stres.

Kalau kamu harus melakukan sesuatu yang sudah pasti membuatmu stres, carilah waktu yang menurutmu tepat untuk melakukannya. Kemudian cari solusi untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat, Beauty!