Menu

Gak Disangka-sangka, Ini 3 Jenis Kanker yang Paling Mematikan

18 Januari 2022 12:00 WIB
Gak Disangka-sangka, Ini 3 Jenis Kanker yang Paling Mematikan

Simbol pita peduli kanker. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Kanker merupakan penyakit yang sering tak diketahui kapan ia mulai timbul. Kanker pun jadi penyakit yang sering kali menjadi penyebab kematian paling banyak.

Indikator 'kanker paling mematikan' adalah kanker dengan kelangsungan hidup rendah pada penderita. Peneliti kanker menentukan kelangsungan hidup dengan ukuran yang disebut kelangsungan hidup relatif 5 tahun.

Itu adalah persentase orang yang diharapkan bertahan hidup dari efek kankernya, tidak termasuk dari kemungkinan penyebab kematian lain, selama lima tahun setelah didiagnosis. Berikut adalah jenis kanker yang mematikan.

1. Kanker pankreas, kelangsungan hidup relatif 5 tahun: 10,8%

Kanker sistem pencernaan secara umum cukup mematikan, dengan kurang dari setengah pasien bertahan hidup selama lima tahun.

Bergantung pada seberapa jauh penyebarannya, dokter mengobati kanker pankreas dengan pembedahan, radiasi, atau kemoterapi.

Perawatan lain termasuk imunoterapi yang meningkatkan sistem kekebalan untuk menyerang kanker atau terapi target yang obat yang menargetkan molekul khusus untuk sel kanker.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.