Menu

Banyak yang Gak Tahu, 5 Penyebab Kulit Kepala Bau dan Gatal

18 Januari 2022 14:25 WIB
Banyak yang Gak Tahu, 5 Penyebab Kulit Kepala Bau dan Gatal

Ilustrasi rambut beruban. (Freepik/vimaliss)

HerStory, Medan —

Kulit kepala yang bau dan gatal sering mengganggu aktivitas dan membuat kepercayaan diri menurun. Ternyata, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kulit kepala kamu mengalami hal tersebut, lho.

Herstory sudah merangkum beberapa penyebabnya yang harus kamu waspadai. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak artikel berikut ini, Beauty.

Kulit kepala berminyak

Pada dasarnya, setiap orang akan mengeluarkan minyak alami di kulit kepala. Namun jika dibersihkan secara rutin, kadar minyak di kulit kepala bisa diatasi.

Menurut American Osteopathic College of Dermatology, minyak yang berlebihan dan jarang dibersihkan akan menimbulkan ketombe sehingga mengeluarkan bau asam yang khas.

Perubahan hormon

Tahukah kamu, perubahan kadar hormon, stres dan kondisi kulit buruk seperti seborrheic dermatitis juga dapat menyebabkan kulit kepala berminyak dan mengeluarkan bau tidak sedap, lho.

Perubahan hormon tubuh menyebabkan produksi keringat minyak yang tak normal. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa kondisi seperti timbulnya jerawat, bau badan, hingga kulit kepala berminyak dan beraroma tak sedap.