Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang memetik manfaat dari penggunaan bahan alami sebagai perwatan kulit wajah. Tapi, satu hal yang perlu kamu tahu, rupanya enggak selamanya bahan alami itu bagus untuk kulit lho. Karena ternyata, banyak pula bahan alami yang justru berbahaya kalau dioleskan langsung di atas kulit wajah. 

Bahan-bahan alami ini memang sudah enggak asing lagi di kalangan kaum Hawa. Bahkan, banyak yang menjadikannya sebagai masker, toner, dan lain sebagainya. Tapi siapa sangka kalau ternyata bahan alami ini justru memiliki efek samping yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit hingga kulit terasa terbakar.

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020), berikut lima bahan alami yang perlu kamu hindari karena berbahaya bagi kulit wajah.

Baca Juga: Tea Tree, Obat dan Masalah Baru Bagi Kulit Wajah

Baca Juga: Tampil Dengan Make Up Bold, Tasya Sayeed: Gak Mau Rugi Kita, Tuh!

Putih Telur

Putih telur kerap kali dijadikan sebagai masker untuk membantun mengencangkan pori-pori dan membuat kulit menjadi halus. Tapi rupanya, ada efek samping dari penggunaan putih telur yang dioleskan di wajah. 

Mengutip dari Healthline, putih telur atau telur mentah bisa saja terkontaminasi dengan SalmonellaSalmonella merupakan jenis bakteri yang disebarkan lewat memakan makanann yang treinfeksi bakteri tersebut. Meskipun enggak di makan, putih telur yang dioleskan pada wajah bisa menimbulkan iritasi setelahnya. 

Lemon

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang memanfaatkan Lemon sebagai toner wajah. Tapi, anggapan itu ternayata salah Beauty. Lemon yang diklaim mampu menghilangkan jerawat dan noda hitam pada wajah justru akan membuat kulit menjadi iritasi dan mudah terbakar sinar matahari kalau digunakan sebagai toner.

Kandungan psolaren dalam Lemon menyebabkan reaksi fototoksik pada kulit saat terkena sinar UV secara langsung. Kulitmu akan merah merandang bahkan melepuh, Beauty. Duh, hati-hati ya!

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Perawatan yang Bikin Warna Ketiak Jadi Hitam, Jangan Diulangi!

Baca Juga: Penting Nih! Kandungan Skincare Harus Ada Tiga Kategori Ini, Dear

Cinnamon

Cinnamon atau Kayu Manis pun demikian. Meskipun cinnamon ini memiliki kandungan antimikroba dan digunakan untuk penyembuhan luka, tapi enggak berlaku kalau dioleskan ke wajah. Karena ternyata, menggunakan cinnamon sebagai masker wajah akan membuat kulit terasa terbakar dan akan mengubah pH kulit.

Cuka apel

Selanjutnya ialah Cuka Apel. Banyak yang mengklaim bahan alami satu ini dapat membantu menghilangkan jerawat, memudarkan bekas luka, memudarkan garis halus atau bintik penuaan, dan bahkan menghilangkan tahi lalat.

Tapi sebenarnya, menggunakan cuka apel sebagai toner dapat merusak wajah karena tingkat asamnya yang tinggi. Cuka apel juga enggak boleh dijadikan sebagai obat luka karena bisa menyebabkan luka bakar dan iritasi yang berkepanjangan.

Mayones

Terakhir ialah Mayonese. Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang memanfaatkan mayonese sebagai masker. Karena katanya, mayonese diyakini dapat menutrisi dan melembabkan kulit. Mengutip dari laman Women's Health, ternyata mayonese dapat menutup pori-pori yang besar dan membuat kulit wajah semakiin bermasalah.

Duh, hati-hati ya Beauty! Sebelum kamu pakai di wajah ada baiknya kamu cari tahu dulu bahan alami tersebut berbahaya atau enggaknya. Kalau kamu merasa penasaran, kamu bisa mencoba menggunakannya pada bagian belakang kuping sebelum dioleskan ke wajah. Semoga bermanfaat!