Menu

Sudahi Insecure! Yuk Lawan Rasa Insecure dengan 3 Tips Ini, Sayangi Dirimu

18 Januari 2022 20:10 WIB
Sudahi Insecure! Yuk Lawan Rasa Insecure dengan 3 Tips Ini, Sayangi Dirimu

Ilustrasi orang insecure (Unsplash/Andrew Neel)

HerStory, Bekasi —

Rasa insecure memiliki banyak dampak negatif bagi mereka yang terjebak di dalamnya. Gak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga berdampak pada lingkungan sekitar dan orang lain.

Dampak negatif terparah dari rasa insecure adalah gangguan kesehatan mental. Penting bagi seseorang untuk melawan rasa insecure agar tidak berlarut-larut. Cara melawan insecure hanya bisa dilakukan atas kemauan diri sendiri. Berikut ini tiga cara atau tips untuk melawan rasa insecure.

1. Berhenti membandingkan diri

Setiap manusia pasti memiliki jatah gagal masing-masing. Jangan bandingkan jumlah kegagalan yang kamu alami dengan orang lain. Berhenti membandingkan pencapaian orang lain dengan pencapaian diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Membandingkan diri gak akan membawa kamu pada kesuksesan jika kamu hanya sibuk membandingkan tanpa berusaha mengambil hikmah. Jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi, bukan pembanding untuk merasa insecure.

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Hal yang biasanya sering dilakukan ketika berada pada fase insecure adalah menyalahkan diri sendiri. Berhenti bersikap menyalahkan diri sendiri ketika sesuatu terjadi gak sesuai dengan rencana kita. Manusia tidak ada yang sempurna.

Kita memang bisa berencana dan mengatur segala sesuatu dengan sangat matang, tetapi selalu ingat ada Tuhan yang memegang kendali penuh dan Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita. Bisa jadi kegagalan yang kita alami memiliki makna tersembunyi yang belum kita ketahui.

3. Cobalah berada di lingkungan yang positif

Salah satu cara agar terbebas dari perasaan insecure adalah dengan mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif serta mampu mendukung diri kita sepenuhnya. Hindari lingkungan toksik atau lingkungan yang membuat kamu semakin merasa terpojokkan.

Tidak perlu mengikuti teman yang tidak sefrekuensi denganmu, karena hanya akan membuat kamu lelah mental. Cari teman atau sahabat yang bisa sama-sama saling menyemangati untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Itulah tiga tips yang bisa kamu terapkan untuk ke luar dari fase insecure. Kamu terlalu berharga untuk terjebak selamanya seorang diri. Cobalah untuk mendongak dan melihat ke sekitar, masih banyak hal-hal baik dan indah yang siap menemani hari-harimu. 

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Insecure dalam Hubungan Tanpa Disadari, Sedang Merasakannya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Cherryn Lagustya