Di tengah pandemi virus corona, masyarakat berbondong-bondong rutin berjemur guna mendapatkan vitamin D. Beauty, kamu pasti sudah tahu bahwa kabarnya vitamin D efektif untuk cegah virus corona? Nah, ternyata kabar itu belum bisa dipastikan secara ilmiah lho.

Pasalnya para ahli kesehatan masyarakat Inggris telah menemukan bahwa vitamin D tidak berguna untuk mencegah Covid-19. Pada Senin (29/3/2020), National Institute for Health and Care Excellence (Nice) mengatakan bahwa setelah memeriksa lima studi, mereka belum menemukan bukti yang mendukung manfaat dari vitamin D dengan Covid-19.

"Meskipun ada manfaat kesehatan yang terkait dengan vitamin D, ringkasan bukti cepat kami tidak mengidentifikasi bukti yang cukup untuk mendukung penggunaan suplemen vitamin D untuk pengobatan atau pencegahan Covid-19," kata Paul Chrisp, direktur pusat untuk pedoman di Nice seperti dilansir dari The Guardian (30/6/2020).

Baca Juga: Waduh, Ilmuwan Temukan Mutasi Baru Virus Corona! Lebih Bahaya Nggak Ya?

Baca Juga: Kabar Terbaru! WHO Beberkan 17 Vaksin Corona Potensial yang Sedang di Uji Klinis

"Kami tahu bahwa penelitian tentang hal ini sedang berlangsung, dan Nice terus memantau bukti yang baru diterbitkan," sambungnya.

Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN) pun setuju dengan pernyataan Nice bahwa belum ada bukti yang mendukung vitamin D untuk mencegah infeksi saluran pernapasan akut.

Namun, baik Nice dan SACN menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D sehari demi menjaga kesehatan tulang dan otot.